Rencana Anies-Imin Genjot Transportasi Publik, Jawab Isu Subsidi BBM

Happy Fajrian
10 November 2023, 09:13
subsidi bbm, anies muhaimin, capres, pilpres 2024, transportasi publik
Antara
Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar mendaftar sebagai capres dan cawapres di KPU (19/10).

Pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan fokus mengembangkan transportasi publik sebagai upaya menanggulangi masalah besarnya biaya subsidi BBM yang membebani keuangan negara.

Rencana program tersebut disampaikan Tim Visi-Misi Pemenangan Anies-Muhaimin, Wijayanto Samirin dalam Debat Tim Capres bertajuk “Arah dan Wajah Pasar Modal Indonesia 2024” di Grha Cimb Niaga Jakarta, Kamis (9/11).

“Masyarakat tidak punya uang cukup, tidak kuat beli BBM sehingga disubsidi. Solusi yang terbaik menurut saya adalah pengembangan public transport, sehingga mereka bisa beralih dari kendaraan pribadi menggunakan public transport,” ujar Wijayanto, dikutip Jumat (10/11).

Ia menjelaskan, nantinya infrastruktur transportasi publik akan diterapkan dengan teknologi account base ticketing, yang mana tiket terhubung dengan kartu tanda penduduk (KTP) dan pembeliannya melalui handphone (HP).

Saat ini, lanjutnya, teknologi tersebut sedang dalam tahap persiapan dan akan diterapkan di wilayah DKI Jakarta. “Kalau pakai kartu bisa dipinjam siapa-siapa, tapi, kalau HP nggak mungkin dipinjam, sehingga seseorang membeli tiket berdasarkan dengan strata ekonominya,” ujarnya.

Dengan demikian, menurutnya, permasalahan besarnya biaya subsidi BBM yang dikeluarkan pemerintah selama ini akan bisa ditanggulangi dengan mengoptimalkan infrastruktur transportasi publik.

“Dengan mengalihkan kepada public transportation, mengenalkan account base ticketing, saya rasa solusi masalah subsidi akan sangat terbantu,” ujar Wijayanto.

Melansir Dokumen Visi, Misi, dan Program Anies- Muhaimin, pada Agenda Misi 4, pasangan ini akan mengakselerasi pengembangan sistem transportasi umum massal di kota-kota strategis.

Transportasi yang akan dikembangkan terdiri dari angkutan umum berbasis rel dan jalan sebagai moda utama yang terintegrasi dengan sistem mobilitas aktif serta kendaraan bebas emisi sehingga mampu menjangkau seluruh kawasan kota secara efisien dan berkelanjutan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...