Polda Metro Uji Alat Bukti Elektronik di Kasus Pemerasan oleh Firli

Ira Guslina Sufa
10 November 2023, 13:31
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak
ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (tengah) menjawab pertanyaan wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Direktorat Reserse Polda Metro Jaya melakukan uji barang bukti elektronik yang disita penyidik bersama pemeriksaan saksi dan sejumlah ahli terkait kasus pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh Firli Bahuri selaku pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan uji barang bukti dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan sejumlah saksi. 

“Ahli multimedia, ahli digital forensik dan ahli hukum acara,” ujar Ade seperti dikutip dari Antara, Jumat (10/11). 

Meski begitu Ade tidak menjelaskan secara spesifik siapa saja saksi yang akan dipanggil. Ia hanya memastikan pemeriksaan saksi berkaitan dengan pengembangan pengusutan yang sedang berlangsung. 

Di sisi lain Ade mengatakan kepolisian telah menerima undangan rapat koordinasi dan dengar pendapat bersama KPK pada hari ini. Rapat dilakukan sebagai bagian dari supervisi dan koordinasi dalam menangani kasus lintas lembaga. Meski begitu Ade mengatakan kepolisian tidak bisa hadir di rapat hari ini sehingga meminta dilakukan jadwal ulang.

 "Penyidik menyampaikan untuk undangan rapat koordinasi dan dengar pendapat dimaksud dapatnya dijadwalkan kembali pada minggu ke-3 bulan November dikarenakan pada hari Jumat (10/11) penyidik telah memiliki jadwal kegiatan penyidikan yang sudah terjadwal sebelumnya, " kata Ade Safri.

Supervisi dengan KPK

Polda Metro Jaya sudah mendapat persetujuan terkait permintaan supervisi atas kasus dugaan pemerasan yang melibatkan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo. "Penyidik telah menyurati dan kemudian sudah mendapatkan langkah-langkah yang positif dari penyidik menindaklanjuti dengan melakukan koordinasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...