Jokowi Anugerahi Presiden FIFA Bintang Jasa Pratama, Apa Alasannya?

Muhamad Fajar Riyandanu
10 November 2023, 13:47
Jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden FIFA Gianni Infantino (tengah) bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) dan Menpora Dito Ariotedjo (kanan) memberikan keterangan pers usai menerima tanda Bintang Jasa Pratama di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bintang jasa kepada Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Giovanni Vincenzo Infantino alias Gianni Infantino di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (10/11). Penyematan tersebut ditetapkan dalam Surat Presiden Republik Indonesia Nomor 70TK Tahun 2023 tentang Penganugerahan Bintang Jasa Pratama tertanggal 7 Agustus lalu. 

Merujuk surat yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksamana Muda TNI Hersan, Gianni dianggap telah berjasa besar di bidang olahraga. Selain itu kiprahnya telah diakui secara internasional.

"Pengabdian dan pengorbanannya di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan atau darma bakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat internasional, serta warga negara asing yang berjasa pada bangsa dan negara Indonesia," kata Hersan ketika membacakan surat keputusan, Jumat (10/11). 

Hersan mengatakan penganugerahan tersebut merupakan bentuk penghargaan jasa yang besar di suatu bidang atau peristiwa tertentu yang bermanfaat bagi keselamatan, kesejahteraan, dan kebesaran bangsa dan negara. Penghargaan itu juga bisa diberikan kepada warga negara asing yang berjasa besar pada bangsa dan negara Indonesia.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, di antaranya Wakil Presiden K.H Maruf Amin, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri BUMN sekaligus Ketua PSS Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Gianni mengatakan dirinya merasa terhormat usai menerima Anugerah Bintang Jasa Pratama dari presiden. Saat itu Gianni mengenakan setelan celana panjang dan jas hitam serta songkok hitam. Mirip dengan pakaian dinas pejabat negara.

“Merupakan suatu kehormatan dan perasaan yang luar biasa bagi saya hari ini untuk menerima gelar kehormatan dari Presiden Joko Widodo,” ujar Gianni. “Tentu saja hal ini akan mempererat hubungan antara FIFA dan Indonesia.”

Sebelumnya Jokowi dijadwalkan bakal menggelar tiga kegiatan bersama Presiden FIFA Gianni Infantino sepanjang hari ini, Jumat (10/11). Tiga kegiatan tersebut akan dilaksanakan di dua kota, yakni Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menguraikan agenda pertama adalah penganugerahan tanda kehormatan bintang jasa dari presiden kepada Gianni Infantino di Istana Negara pada pagi ini dan dilanjutkan oleh peresmian Kantor FIFA di Jakarta sekira pukul 13.15 WIB. Ari melanjutkan, keduanya juga akan hadir bersama dalam pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya. Ajang dua tahunan yang diikuti oleh 24 negara kontestan itu digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...