Menkes Sebut Dugaan Korupsi APD Dipicu Belanja yang Terburu-buru

Image title
11 November 2023, 18:40
korupsi
Pijar Foundation
Ilustrasi, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mensinyalir transaksi belanja alat pelindung diri (APD) yang harus cepat di awal pandemi Covid-19 berujung pada dugaan pidana korupsi.

Budi menjelaskan, dugaan korupsi tersebut telah ia pelajari sebelum penunjukannya sebagai Menkes, dimana ada beberapa pembelian yang harus cepat dilakukan di awal-awal pandemi Covid-19. Sehingga, banyak harga-harga yang mungkin tidak sesuai atau berbeda.

Advertisement

"Ada memang saat-saat di mana kita harus mengambil keputusan yang cepat. Tapi saya juga bilang semua keputusan cepat itu harus sesuai, yang penting adalah jangan ada niat untuk memperkaya diri sendiri," Kata Menkes, dilansir dari Antara, Sabtu (11/11).

Terkait penyidikan dugaan korupsi pengadaan APD ini, ia pun menyatakannya dukungannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menangani perkara tersebut hingga tuntas.

Seperti diketahui, KPK mengusut dugaan korupsi pengadaan APD Covid-19 di Kementerian Kesehatan tahun anggaran 2020-2022. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, nilai anggaran proyek tersebut mencapai Rp 3,03 triliun. Penyidikannya telah dilakukan sejak 9 Oktober lalu.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement