Menteri Ketenagakerjaan Ungkap Transformasi Struktur Ketenagakerjaan

Image title
12 November 2023, 08:35
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.
Kementerian Ketenagakerjaan
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Agustus 2023 mengalami penurunan sebesar 0,54% menjadi 5,32% dari total 147,71 juta angkatan kerja sampai dengan Agustus 2023. Menurut Ida, capaian ini mendekati kondisi sebelum pandemi Covid-19 menerjang Indonesia dan melumpuhkan beberapa sektor.

Ida mengatakan kondisi ini merupakan capaian yang harus disyukuri dengan bekerja keras. "Karena jumlah penganggur terbuka secara kuantitas masih besar yaitu 7,86 juta orang," kata dia dikutip dari Antara, Minggu (12/11).

Ida menyampaikan ada tren yang mendorong perubahan drastis dalam struktur ketenagakerjaan. Salah satunya, kata dia, dapat dilihat dari tumbuhnya lapangan kerja pada usaha sekunder dan tersier. "Ini indikasi ekonomi Indonesia sedang bergerak menuju sektor yang lebih maju dan inovatif," kata dia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip dari laman resminya, lapangan usaha yang mengalami peningkatan penyerapan terbesar adalah penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum sebesar 1,18 juta orang. Adapun jumlah penduduk yang bekerja pada kegiatan formal berjumlah 57,18 juta orang atau sebesar 40,89%, meningkat 0,20% dibandingkan Agustus 2022.

Selain itu, menurut Ida, ada perubahan signifikan dalam tingkat pendidikan angkatan kerja yang mengalami pergeseran dari tingkat pendidikan rendah menuju tingkat pendidikan menengah dan tinggi. Artinya, dalam angkatan kerja saat ini, banyak tersedia angkatan kerja yang memiliki pendidikan terakhir berupa pendidikan menengah dan tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...