Tokoh Bangsa Rembukan di Rembang, Prihatin atas Politik Saat Ini

Image title
12 November 2023, 14:11
Sejumlah tokoh berkumpul dalam Majelis Permusyawaratan Rembang untuk membahas isu politik menjelang Pilpres 2024.
Katadata
Sejumlah tokoh berkumpul dalam Majelis Permusyawaratan Rembang untuk membahas isu politik menjelang Pilpres 2024.

Belasan tokoh bangsa lintas agama yang tergabung dalam Majelis Permusyawaratan Rembang berkumpul di kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri, biasa disebut Gus Mus, pada Minggu (12/11). Pertemuan ini bukan pertemuan biasa karena mengumpulkan berbagai tokoh untuk membahas mengenai kondisi politik Indonesia terkini menjelang pemilihan presiden 2024.

Goenawan Mohamad, salah satu tokoh yang menghadiri pertemuan tersebut mengatakan pertemuan ini diselenggarakan untuk berbagi perasaan dan saling mendukung dalam keprihatinan tentang keadaan politik dan demokrasi sekarang. "Politik yang sibuk jual beli loyalitas, politik yang memungkinkan skandal Mahkamah Konstitusi, politik sebagai usaha yang tanpa nilai dan disibukkan tipu-menipu," kata dia kepada Katadata, Minggu (12/11).

Advertisement

Menurut Goenawan, meski tak seluruh tokoh hadir, namun seluruh nama yang disebutkan dalam rapat tersebut setuju. "Tidak semua datang, tetapi semua setuju," kata dia.

Sejumlah tokoh yang disebutkan namanya antara lain Ahmad Mustopa Bisri sebagai tuan rumah, Amin Abdullah, Andreas Anangguru, Yewangoe, dan Antonius Benny Susetyo atau lebih dikenal dengan sapaan Romo Benny. Selain itu, ada pula Cara Juwono, Erry Riyana Hadjapamekas, Frans Magnis Suseno, Goenawan Muhamad, Gomar Gultom, Lukman Hakim Saifuddin, Nassaruddin Umar, dan Natalia Soebagjo.

Mayling Oey Gardiner, Omi Komaria Madja, Rhenald Kasali, Riris Sarumpaet, Sinta Nuriyah Wahid, Sri Pannavara Mahathera dan Sulistyowati Irianto juga disebut namanya sebagai tokoh yang turut diundang untuk berembuk.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement