DPR Sepakat Bentuk Panja Netralitas TNI, Politikus PDIP Jadi Ketua

Ira Guslina Sufa
13 November 2023, 15:16
DPR
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Suasana uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di ruang Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (13/11/2023).

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membidangi persoalan pertahanan sepakat membentuk Panitia Kerja (Panja) Netralitas TNI untuk mengawal Pemilu 2024.Pembentukan panja diumumkan setelah Komisi I menyetujui penunjukan Agus Subiyanto sebagai panglima TNI menggantikan Yudo Margono. 

“Jadi, insyaallah tidak ada keraguan untuk netralitas TNI," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid usai uji kepatutan dan kelayakan calon panglima TNI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/11)

Meutya mengatakan kesepakatan pembentukan Panja Netralitas TNI tersebut diambil dalam rapat internal Komisi I DPR di Jakarta, pada Rabu (8/11). Dia menyebut Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ditunjuk menjadi ketua Panja Netralitas TNI tersebut.

"Kami sudah juga menetapkan ketuanya. Nanti yang memimpin Pak Utut. Beliau berkenan untuk memimpin dan tentu dibarengi oleh seluruh pimpinan dan juga anggota Komisi I," ujar Meutya. 

Meutya berharap pembentukan panja bisa menepis kekhawatiran publik akan netralitas prajurit TNI pada Pemilu 2024. Ia pun mengatakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang baru saja disetujui oleh Komisi I DPR RI menjadi calon panglima TNI, juga menyetujui pembentukan Panja Netralitas TNI.

“Beliau sudah menyatakan tegas tidak ada keraguan kepada TNI untuk hal netralitas dan Komisi I juga akan mengawal melalui panja," ujar Meutya.

Agus yang diminta tanggapan mengenai pembentukan panja menyatakan sikap setuju. Agus menegaskan komitmennya untuk mengawal netralitas TNI pada Pemilu 2024. Dia menyebut telah memberikan penyuluhan terkait netralitas TNI kepada para prajuritnya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...