Agus Subiyanto Jawab Isu Dipilih Jadi Panglima TNI Sebab Faktor Jokowi

Ade Rosman
13 November 2023, 18:31
Agus Subiyanto
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di ruang Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (13/11/2023).

Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto membantah rumor dipilihnya ia sebagai pengganti Laksamana Yudo Margono lantaran  kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo. Agus, mengatakan ia dekat dengan Jokowi karena sempat berdinas di Solo saat ia masih menjadi wali kota.

"Jadi memang saya itu berdinas tidak hanya di Solo, jadi kebetulan waktu saya di solo bertemu dengan Pak Jokowi," kata Agus kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/11).

Di sisi lain, ia menyatakan tak hanya dekat dengan Jokowi, dari sejumlah riwayat dinasnya Agus menyebut dekat pula dengan sejumlah tokoh. Ia mengatakan selama bertugas pernah menjadi Komandan Resor Militer di Palu dan di Bogor. Ia menyebut memiliki kedekatan dengan tokoh-tokoh lantaran berkaitan dengan tugas.  

“Terus saya pernah Pangdam Tiga Siliwangi dengan Pak Ridwan Kamil dan Pak Uu, saya dekat juga," katanya.

Agus menegaskan, selama ia menjabat ia melaksanakan tugas bersamaan dalam bentuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Karena itu ia mengatakan terpilihnya ia sebagai Panglima TNI tak ada kaitan dengan posisi pernah bertugas di saat Joko Widodo masih menjadi Wali Kota Surakarta. 

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat telah menyetujui pengangkatan Agus sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. Kesimpulan itu didapatkan usai rapat dengar pendapat umum (RDPU) pada Senin (13/11). Kesimpulan dibacakan oleh Ketua Komisi I Meutya Hafid.

"Rapat internal Komisi I tertanggal senin 13 November 2023 memutuskan, poin satu menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI, serta memberikan apresiasi atas dedikasinya,” ujar Meutya. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...