Kejagung Sita Aset Anggota BPK Achsanul Qosasi di Kasus Korupsi BTS 4G

Ira Guslina Sufa
15 November 2023, 09:42
BTS 4G
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/tom.
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung I Ketut Sumedana memberikan keterangan kepada wartawan Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung menyita aset milik anggota III Badan Pemeriksa Keuangan Achsanul Qosasi (AQ). Achsanul sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi Base Transceiver Station atau BTS 4G BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan aset yang disita dari tersangka Achsanul terdiri atas uang tunai baik dalam pecahan rupiah hingga mata uang asing. Ada juga aset benda berupa sertifikat tanah yang disita Kejagung.

"Tim penyidik Jampidsus melakukan penyitaan terhadap aset milik tersangka AQ pada tanggal 3 November di rumah di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan," kata Ketut seperti dikutip, Rabu (15/11). 

Aset benda atau barang berupa dokumen yang disita penyidik di antaranya satu sertifikat tanah hak milik (SHM) seluas 5.494 meter persegi yang terletak di Desa Cilember, Kecamatan Cisaura, Kabupaten Bogor yang diperoleh pada 13 Maret 2023. Ada juga SHM seluas 292 meter yang diperoleh pada 1 September 2023 berdasarkan satu buah akta jual beli, termasuk satu eksemplar dokumen pajak pembelian.

Penyidik juga menyita dua lembar deposito bank BUMN dengan jumlah deposito masing-masing Rp 500 juta dan dua buah buku tabungan bank BUMN. "Satu eksemplar polis asuransi dengan premi dasar 3.000 dolar Amerika Serikat dan uang pertanggungan sebesar 1.875 dolar Amerika Serikat," tambah Ketut.

Sita Aset Berupa Mata Uang Asing

Penyidik juga menyita uang tunai dengan rincian uang pecahan 100 Euro sebanyak 175 lembar, uang pecahan 50 Poundsterling sebanyak 15 lembar, dan uang pecahan 20 Poundsterling sebanyak 21 lembar. Ada juga uang pecahan 50 Euro sebanyak delapan lembar dan uang pecahan 50 dolar Singapura sebanyak 10 lembar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...