Poin Kuliah Umum Jokowi di Georgetown University: Pilpres hingga IKN

Ameidyo Daud Nasution
15 November 2023, 13:27
jokowi, gerorgetown, kuliah
Antara
Presiden Joko Widodo saat memberikan kuliah umum di Georgetown University, Washington DC, AS, Selasa (14/11). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo memberikan kuliah umum di Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (14/11). Jokowi menjelaskan dua alasan mau memberikan kuliah di kampus tersebut.

Alasan pertama, Jokowi menilai Georgetown University merupakan universitas yang bagus. Alasan kedua, Georgetown University akan membuka kampus di Indonesia tahun depan.

"Semoga tidak mundur," kata Jokowi seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (15/11).

Berikut sejumlah poin kuliah umum Jokowi:

Pendidikan

Jokowi mengatakan pendidikan menjadi salah satu prioritas Indonesia karena RI akan menikmati bonus demografi. Kondisi ini menyebabkan sumber daya manusia (SDM) menjadi penentu.

Ia menyambut baik kehadiran Georgetown University dan dampaknya bagi Indonesia. "Saya harap lulusan Georgetown University Indonesia bisa menjadi preisden seperti Bill Clinton," kata Jokowi.

Pilpres dan Pemilu 2024

Jokowi lalu menjelaskan beberapa hal soal Indonesia kepada hadirin. Ia mengatakan Indonesia akan memasuki pesta politik pada tahun depan.

Pemilihan akan terjadi pada level Presiden dan legislatif. Setelah itu, pemilihan gubernur, bupati, wali kota, hingga kepala desa akan digelar pada November 2024. "Pemilihan kepala desa yang jumlahnya 74.800," katanya.

Rivalitas Antar Negara

Setelah itu, Jokowi mengangkat masalah kompetisi dan rivalitas antar negara. Salah satu contohnya adalah persaingan antara Amerika Serikat dengan Cina.

Menurutnya, persaingan adalah hal yang wajar selama bisa dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, penting bagi pihak-pihak yang bersaing untuk tetap membuka ruang komunikasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...