Ridwan Kamil dan Airin Ditunjuk Pimpin Tim Kampanye Daerah Prabowo

Muhamad Fajar Riyandanu
17 November 2023, 19:14
Ridwan kamil
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga HartartoÊ(kiri) dan Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih Ridwan Kamil (kanan) menghadiri acara Kuliah Umum Partai Golkar di Golkar Institute, Jakarta, Senin (13/3/2023). Kuliah umum yang dihadiri para politisi muda partai GolkarÊtersebutÊbertemakan kepemimpinan transformatif yang berbasis karya.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto -Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid,  mengumumkan tiga pimpinan Tim Kampanye Daerah (TKD) di pilpres 2024. Pimpinan TKD akan bertugas untuk wilayah Sumatera Selatan, Banten dan Jawa Barat. Tiga tokoh tersebut seluruhnya berasal dari Partai Golkar.

Untuk wilayah Jawa Barat, Tim Kampanye menunjuk Ridwan Kamil sebagai ketua tim pemenangan. Mantan Gubernur Jaww Barat itu kini merupakan wakil ketua umum Partai Golkar. 

TKD Provinsi Sumatera Selatan dipimpin oleh Mawardi Yahya yang pernah menjadi Wakil Gubernur Sumatera Selatan periode 2018-2023. Politisi Golkar itu juga merupakan Bupati Ogan Hilir dua periode sejak 2005 sampai 2015.

TKN juga menunjuk Mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode Airin Rachmi Diany untuk mengisi posisi pucuk TKD Banten. Politikus Partai Golkar diyakini mampu menarik minat pemilih wanita untuk mendukung Prabowo-Gibran.

Nusron menilai tiga tokoh tersebut dapat memenangkan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Menurutnya, Provinsi Sumatera Selatan, Banten dan Jawa Barat dinilai sebagai lokasi lumbung suara potensial bagi pasangan capres cawapres dari Koalisi Indonesia Maju tersebut.

"Kampanye di daerah sangat penting, vital dan urgen dan merupakan ujung tombak daripada proses pemenangan pasangan Prabowo-Gibran," kata Nusron dalam konferensi pers di Sekretariat TKN, Kemanggisan, Jakarta Barat pada Jumat (17/11).

Pada kesempatan tersebut, Nusron menaruh perhatian pada lokasi pemilihan di Jawa Barat. Dia optimisits pasangan Prabowo-Gibran bakal memenangi Pilpres 1 putaran jika mampu meraup angka mutlak di Bumi Pasundan. Kendati demikan, Nusron tak menjelaskan lebih rinci perihal persentase angka mutlak yang dia maskud.

Menurut Nusron, pasangan Prabowo-Gibran punya peluang besar untuk memang di Jawa Barat, mengingat Prabowo selalu memenangkan pilpres di Jawa Barat saat melawan Jokowi dalam dua pilpres sebelumnya.

Bergabungnya Gibran sebagai putra Jokowi dinilai bakal mempertebal peluang Prabowo untuk mendulang suara mayoritas di Jawa Barat. "Daerah paling krusial di pilpres kali ini adalah Jawa Barat. Dengan adanya rekonsiliasi Prabowo-Jokowi, Jabat menjadi kunci kemenangan," ujar Nusron.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...