Top News: MA Tolak Kasasi Jokowi soal Polusi, Isu Ijazah Palsu Gibran

Aryo Widhy Wicaksono
18 November 2023, 05:45
Gedung Mahkamah Agung
Katadata
Gedung Mahkamah Agung

Mahkamah Agung memutuskan menolak kasasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, terkait kasus polusi udara. Hal ini membuat Jokowi dan Siti Nurbaya, tetap dinyatakan melakukan perbuatan melawan hukum dalam kasus tersebut.

Keputusan ini merupakan hasil rembuk panel Hakim Agung Takdir Rahmadi selaku Ketua, dengan hakim anggota Panji Widagdo dan Lucas Prakoso.

Gugatan mengenai polusi udara ini merupakan inisiasi dari Koalisi Inisiatif Bersihkan Udara Kota dan Semesta (Ibukota). Mereka menggugat Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta kala itu, Anies Baswedan.

Kasasi MA mengenai pencemaran udara ini merupakan salah satu artikel terpopuler dan masuk jajaran Top News. Selain itu, simak juga isu mengenai tudingan ijazah palsu Gibran Rakabuming Raka, serta jajaran bos startup di tim pemenangan Ganjar - Mahfud.

Berikut Top Newsd Katadata.co.id:

1. Tolak Kasasi, MA Nyatakan Jokowi Melawan Hukum Atas Kasus Polusi Udara

Mahkamah Agung memutuskan untuk menolak kasasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya terkait kasus polusi udara. Dengan demikian, Jokowi dan Siti Nurbaya tetap dinyatakan melawan hukum atas kasus tersebut.

Hal itu telah diputuskan pada Senin, 13 November 2023. "Tolak Kasasi I dan II" tulis kepaniteraan Mahkamah Agung dikutip dari situs resminya, Jumat (17/11).

Ketua Majelis Hakim terkait kasus tersebut adalah Takdir Rahmadi, dengan hakim anggota Panji Widagdo dan Lucas Prakoso.

Sebelumnya, Melanie Subono dan 29 orang lainnya yang tergabung dalam Koalisi Inisiatif Bersihkan Udara Kota dan Semesta (Ibukota) menggugat Presiden Joko Widodo hingga Gubernur Jakarta Anies Baswedan pada 4 Juli 2019.

Setelah melewati proses peradilan selama dua tahun, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akhirnya memutuskan kemenangan kepada Koalisi Ibukota pada 16 September 2021.

2. Ramai Isu Beli Ijazah, Ini Profil Pendidikan Gibran Rakabuming Raka

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi bahan perbincangan publik selama beberapa bulan terakhir. Ini karena putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut diusung menjadi calon wakil presiden (Cawapres) Prabowo Subianto dalam gelaran Pilpres 2024.

Nama Gibran disebut-sebut dalam kisruh putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas minimal usia calon presiden dan calon wakil presiden yang dianggap memuluskan langkahnya sebagai cawapres. Yang terbaru, nama Gibran kembali mencuat di media sosial X, seseorang yang menggunakan nama akun @DokterTifa menuding Gibran menggunakan ijazah palsu, untuk mengeklaim pendidikan tinggi di Australia.

Ia menyebutkan, Gibran hanya lulusan setara kursus atau D1, bukan lulusan sarjana strata satu (S1).

Isu ini juga sempat ramai dibicarakan pada 2022 lalu, di mana Gibran kemudian menggapinya dengan seloroh santai. "Beli di Shopee dapat cashback dan free ongkir," kata Gibran melalui lewat akun Twitter (X) miliknya, @gibran_tweet.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...