Jokowi Lantik KSAD Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Muhamad Fajar Riyandanu
22 November 2023, 09:28
panglima TNI, agus subiyanto, jokowi
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (22/11).

Presiden Joko Widodo  melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (22/11).

Ketetapan pelantikan tersebut tertulis dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 102-TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksamana Muda TNI Hersan. 

Selain mengatur kenaikan jabatan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, surat keputusan presiden tersebut juga memberhentikan dengan hormat Laksamana Yudo Margono dari jabatannya sebagai Panglima TNI. 

"Keputusan Presiden RI ini mulai berlaku sejak pelantikan pejabat," kata Hersan.

Usai pembacaan tersebut, Jokowi menyematkan tanda pangkat dan tanda jabatan serta menyerahkan tongkat komando panglima TNI kepada Jenderal Agus. 

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Agus saat mengucap sumpah jabatan. 

Ia juga menegaskan dalam sumpahnya bahwa akan  menjalankan tugas jabatan dengan menjunjung tinggi etika jabatan, serta menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. "Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," lanjutnya. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...