Anies Janjikan Kursi Menteri untuk Muhammadiyah Bila Menang di Pilpres

Ade Rosman
22 November 2023, 13:33
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Arnas Padda/nz
Calon Presiden (capres) nomor urut satu Anies Rasyid Baswedan (kiri) berswafoto dengan peserta saat menghadiri diskusi interaktif Capres 2024 di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/11/2023).

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar menjanjikan kursi menteri bagi salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah, bila mereka terpilih dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Pernyataan itu disampaikan kala mereka mengisi agenda dialog terbuka Muhammadiyah bersama Anies - Muhaimin di  Universitas Muhammadiyah Surakarta, pada Rabu (22/11).

Mulanya, dosen UMS yang juga cendekiawan Muhammadiyah Abdul Mu'ti selaku moderator menanyakan pada Anies - Muhaimin terkait jatah kursi menteri untuk Muhammadiyah apabila mereka terpilih nanti. Menjawab pertanyaan itu, Anies mengatakan akan menyiapkan posisi menteri untuk anggota Muhammadiyah selayaknya yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

"Pak Jokowi aja memberikan tempat apalagi kami," kata Anies.

Senada, Muhaimin yang duduk di sebelah Anies pun menyatakan hal serupa. Ia mengatakan, Muhammadiyah selalu mendapatkan posisi menteri di setiap pemerintahan.

"Setiap periode kepemimpinan nasional, kayanya tidak pernah berani meninggalkan menteri dari Muhammadiyah, apalagi kami berdua," kata Muhaimin.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...