Burhanuddin Muhtadi: Prabowo - Anies Potensi Masuk Putaran Dua Pilpres

Amelia Yesidora
30 November 2023, 19:15
Prabowo Anies putaran Dua pilpres
KATADATA/AJENG DINAR ULFIANA
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjadi pembicara dalam acara "Peluang dan Risiko Investasi Jelang Pilpres" yang digelar Katadata Insight Center (KIC) di Jakarta, Rabu (30/1).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyatakan ada kemungkinan pasangan calon presiden Anies Baswedan dan wakil presiden Muhaimin Iskandar (AMIN) masuk putaran kedua. Ini berdasar hasil survei yang menunjukkan adanya penurunan elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud yang berhubungan dengan peningkatan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran. Pandangan ini dinilai berbeda dengan pengamat politik lainnya.

“Kalau tidak ada satupun calon yang dapat 50 persen plus satu, kemungkinan besar yang masuk putaran kedua adalah Prabowo versus Anies,” kata Burhanuddin saat dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, seperti dikutip Kamis (30/11). 

Advertisement

Menurut Burhanuddin potensi suara pendukung Ganjar-Mahfud MD dan Prabowo-Gibran bagai bejana yang saling terkait. Pernyataan ini ia dasarkan pada hasil survei, saat suara Prabowo - Gibran meningkat, biasanya yang jadi korban itu suara Ganjar-Mahfud. 

Burhanuddin mengatakan salah satu faktor yang mendongkrak elektabilitas suara Anies adalah adanya limpahan suara dari blunder yang dilakukan partai pendukung pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Ia menyebut strategi menyerang PDIP pada Jokowi turut mempengaruhi suara pemilih.  

“Secara pasti meskipun mungkin tidak disadari turut membantu eksodus basis Pak Jokowi dari Ganjar ke Prabowo karena basis pendukung Ganjar sebagian besar adalah loyalis Pak Jokowi," kata Burhanuddin. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement