Top News: Sinyal Kolaborasi TikTok dan GOTO, Jadwal Debat Capres

Aryo Widhy Wicaksono
1 Desember 2023, 05:30
Seorang nasabah membuka aplikasi Bank Jago di depan logo bank digital tersebut
Humas Bank Jago
Seorang nasabah membuka aplikasi Bank Jago di depan logo bank digital tersebut, Rabu (14/4).

TikTok Shop berencana kembali kembali hadir di Indonesia dengan menjajaki kerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). PT Bank Jago Tbk (ARTO) sebagai perusahaan di bawah ekosistem Goto, memberikan sinyal positif terkait rencana penjajakan kerja sama ini.

Menurut Direktur Utama Bank Jago, Arief Harris Tandjung, kerja sama dengan TikTok akan membuat ekosistem GOTO membesar sehingga turut memberikan dampak kepada Bank Jago.

Sinyal dari Dirut Bank Jago terkait TikTok Shop menjadi salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian Top News Katadata.co.id. Selain itu, ketahui juga jadwal lengkap debat capres, serta profil Faye Simanjuntak, anak dari KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Bank Jago Beri Sinyal Positif Soal Isu Kolaborasi GOTO dengan Tiktok

PT Bank Jago Tbk (ARTO) beri sinyal positif terkait rencana penjajakan kerja sama TikTok dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GOTO.

Direktur Utama Bank Jago Arief Harris Tandjung mengungkapkan, perusahaan akan meninjau rencana bisnis tersebut. Namun dirinya menyebut, jika terjadi ekosistem GOTO akan bertambah besar dan memberi dampak kepada Bank Jago sendiri.

“GOTO dapat bertumbuh makin besar kalau betul dengan TikTok dan pastinya berdampak positif bagi bisnis Bank Jago secara keseluruhan,” kata Arief dalam konferensi pers paparan publik secara virtual, Rabu (29/11).

Dalam paparannya Arief menyampaikan jika emiten teknologi tersebut dapat memberi kontribusi sampai 35% dari total nasabah yang ada Bank Jago. Menurut catatannya, pertumbuhan pinjaman yang disalurkan GOTO oleh Bank Jago meningkat sekitar 40% untuk setiap kuartal.

2. Mengkaji Alasan Tokopedia Gaet TikTok Setelah Menggandeng Instagram

TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia dikabarkan menjajaki kerja sama. Sementara itu, GoTo sudah menggandeng Instagram untuk memperkuat lini bisnis e-commerce.

Sumber Bloomberg menyampaikan pekan lalu (22/11), bahwa TikTok sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi pada GoTo Gojek Tokopedia lewat pembentukan perusahaan patungan. "Dapat diselesaikan dalam beberapa minggu ke depan," ujar sumber.

"Daripada melakukan investasi langsung, kesepakatan tersebut dapat berbentuk usaha patungan," kata salah satu sumber.

Katadata.co.id mengonfirmasi kabar tersebut kepada TikTok dan Tokopedia. Namun belum ada tanggapan.

Macquarie Sekuritas dan Maybank Sekuritas menilai, kerja sama antara TikTok dan Tokopedia menjadi win-win solution bagi kedua perusahaan. “Rekam jejak GOTO sebagai pemimpin lokal dengan pemegang saham yang memiliki koneksi baik,” demikian isi laporan Macquarie Sekuritas dikutip dari Bloomberg.

3. Jadwal Lengkap Debat Capres Cawapres Pilpres 2024, Digelar di Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal pelaksanaan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada pemilihan presiden atau pilpres 2024. Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, mengatakan ada lima jadwal yang telah ditetapkan oleh lembaga penyelenggara pemilu ini.

Jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres akan dimulai pada 12 Desember dan selanjutnya pada 22 Desember untuk menutup akhir 2023. Selanjutnya debat akan dilakukan pada 7 dan 21 Januari serta terakhir pada 4 Februari 2023.

"Ya, tanggal segitu," kata Hasyim seperti dikutip Kamis (30/11).

Untuk tempat detail pelaksanaan debat, hingga kini KPU belum memberikan keterangan terkait dengan hal tersebut. KPU hanya memastikan bahwa pelaksanaan debat calon presiden dan calon wakil presiden yang berlangsung sebanyak lima kesempatan.

4. Profil Faye, Anak Maruli Simanjuntak yang Jadi Aktivis Kemanusiaan

Faye Simanjuntak adalah anak dari Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru dilantik Presiden Jokowi pada 29 November 2023. Faye juga merupakan cucu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Faye merupakan cucu tertua yang menjadi kebanggan Luhut. Faye pernah terpilih sebagai salah satu anak muda paling berpengaruh dalam Forbes Indonesia kategori "30 Under 30" 2020. Saat itu Luhut mengungkapkan kebanggaan atas prestasi yang dicapai cucunya.

"Suatu kebanggaan tersendiri untuk saya sebagai kakek dari seorang perempuan belia bernama Faye, yang mendedikasikan cita-cita hidupnya untuk membuat sebuah 'Rumah' perlindungan bagi anak-anak dari bahaya kejahatan perdagangan manusia dan kekerasan seksual," tulis Luhut di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, pada Februari 2020.

Sejak usia 11 tahun, Faye Simanjuntak memang aktif bersuara tentang pentingnya anak-anak tahu dan sadar akan hak-hak mereka. Seperti dikutip Harian Kompas Oktober 2018, Faye menceritakan pengalaman pertama kali mengenal isu prostitusi anak berkat tugas sekolah.

5. Burhanuddin Muhtadi: Prabowo - Anies Potensi Masuk Putaran Dua Pilpres

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyatakan ada kemungkinan pasangan calon presiden Anies Baswedan dan wakil presiden Muhaimin Iskandar (AMIN) masuk putaran kedua.

Ini berdasar hasil survei yang menunjukkan adanya penurunan elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud yang berhubungan dengan peningkatan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran. Pandangan ini dinilai berbeda dengan pengamat politik lainnya.

“Kalau tidak ada satupun calon yang dapat 50 persen plus satu, kemungkinan besar yang masuk putaran kedua adalah Prabowo versus Anies,” kata Burhanuddin saat dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, seperti dikutip Kamis (30/11).

Menurut Burhanuddin potensi suara pendukung Ganjar-Mahfud MD dan Prabowo-Gibran bagai bejana yang saling terkait. Pernyataan ini ia dasarkan pada hasil survei, saat suara Prabowo - Gibran meningkat, biasanya yang jadi korban itu suara Ganjar-Mahfud.

Burhanuddin mengatakan salah satu faktor yang mendongkrak elektabilitas suara Anies adalah adanya limpahan suara dari blunder yang dilakukan partai pendukung pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Ia menyebut strategi menyerang PDIP pada Jokowi turut mempengaruhi suara pemilih.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...