Sudirman Said Dimarahi Jokowi saat Laporkan Setnov Kasus Freeport

Amelia Yesidora
1 Desember 2023, 18:32
Mantan Menteri ESDM Sudirman Said
Arief Kamaludin|KATADATA
Mantan Menteri ESDM Sudirman Said

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan pernah dimarahi Presiden Jokowi ketika melapor kasus Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan pada 2015. Ketika itu Sudirman melaporkan Setnov yang diduga mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait perpanjangan kontrak PT Freeport.

Sudirman mengatakan Jokowi menuduhnya diperintah atau dikendalikan pihak lain dalam kasus yang dikenal dengan 'papa minta saham'.
Dia mengatakan tindakan Jokowi sebagai bukti serangan sistematis yang datang dari pemimpin.

Advertisement

“Ini yang dikatakan Pak Agus Rahardjo setting from the top itu tidak baik,” kata Sudirman Said saat ditemui wartawan di Jakarta, Jumat (1/12).

Ia menjelaskan ketika seorang pimpinan tertinggi turun tangan minta menghentikan sesuatu, itu adalah hal serius. Bahkan, dalam kasus ini, menghalang-halangi penegakan hukum.

“Maka saya memberikan pesan pada capres, baik Pak Anies, Pak Ganjar, dan Pak Prabowo,punya potensi untuk masuk jebakan seperti itu,” katanya. “Masa lalu harus menjadi pelajaran.”

Sudirman menceritakan pengalamannya setelah mantan Ketua KPK Agus Rahardjo buka suara. Agus menyatakan pernah diminta Jokowi menghentikan kasus korupsi e-KTP yang dilakukan Setya Novanto.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement