Politikus Nasdem Sindir Gibran Soal Sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil

Ade Rosman
5 Desember 2023, 15:25
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DPP Nasdem Bidang Hukum dan HAM Taufik Basari (kedua kanan) saat Silaturahmi Nasional (Silatnas) Badan Advokasi Hukum (Bahu) Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Juma
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DPP Nasdem Bidang Hukum dan HAM Taufik Basari (kedua kanan) saat Silaturahmi Nasional (Silatnas) Badan Advokasi Hukum (Bahu) Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Silatnas tersebut membahas kontribusi Bahu Partai Nasdem dalam mengawal Pemilu 2024.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat dari Nasional Demokrat Taufik Basari mengomentari pernyataan salah yang diucapkan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengenai kebutuhan asam sulfat bagi ibu hamil untuk mencegah stunting. Menurut Taufik meski Gibran sudah meminta maaf namun pernyataan itu menunjukkan perlunya kehati-hatian ketika berbicara, terlebih ketika terlibat di kontestasi Pemilu 2024.

"Penting bagi kami ketika sedang di dalam proses kontestasi Pemilu ini yang semua mata, telinga sedang tertuju pada proses ini maka harus hati-hati berbicara, hati-hati untuk menyampaikan pesan supaya jangan ada kekeliruan yang mungkin malah bisa berdampak buruk," kata Taufik kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12).

Menurut Taudik jangan sampai pernyataan keliru yang disampaikan oleh calon pemimpin berbuntut pada kesalahpahaman di masyarakat. Terlebih, bila tak ada koreksi setelahnya.

"Oleh karena itu, penting ya untuk bicara dengan substantif, berbicara dengan benar, dan hati-hati, dan tentu yang paling penting adalah memberi pesan, edukasi pada publik," kata Taufik

Lebih jauh, Taufik menekankan jangan sampai Pemilu hanya sebatas keriaan yang diwarnai dengan gimik-gimik politik saja. Menurut dia pemilu tetap harus dilalui dengan adanya transfer gagasan. 

“Kita punya tanggung jawab utamanya orang-orang di dunia politik ini, baik itu parpol, para calon-calonnya untuk tetap memberi pendidikan politik," kata taufik lagi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...