Jokowi Saksikan Ridwan Mansyur jadi Hakim MK, Anwar Usman Tak Hadir

Ameidyo Daud Nasution
8 Desember 2023, 11:34
mk, jokowi, anwar usman
Youtube/Sekretariat Presiden
Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur saat pembacaan sumpah di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo hari ini menyaksikan pengucapan sumpah Ridwan Mansyur sebagai Hakim Konstitusi. Ridwan akan menggantikan Manahan Sitompul yang memasuki masa pensiun.

Sejumlah pejabat dan pimpinan lembaga tinggi negara hadir dalam pembacaan sumpah. Meski demikian, tak terlihat kehadiran Hakim Konstitusi yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Adapun, sejumlah tamu yang hadir antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Jaksa Agung Sanitiar Burhanudin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu, hadir pula Wakil Ketua MK Saldi Isra.

"Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Hakim Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," kata Ridwan saat membacakan sumpah di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12).

Setelah itu, Jokowi juga melantik Komjen Pol. Marthinus Hukom menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Marthinus menggantikan Petrus Golose yang memasuki masa pensiun.

Dikutip dari Antara, Ridwan Mansyur menjadi Hakim MK dari unsur yudikatif yakni Mahkamah Agung. Ia sebelumnya malang melintang di sejumlah pengadilan negeri.

Ridwan Mansyur lahir di Lahat, Sumatera Selatan pada 11 November 1959. Ia mengawali karirnya sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Bekasi pada 1986.

Setelah itu, ia menjadi hakim di Pengadilan Negeri Muara Enim pada 1989. Dia pernah bertugas sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas MA serta menjadi panitera MA.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...