Ganjar Janji Pilih Profesional untuk Kursi Menteri Ekonomi jika Menang

Andi M. Arief
11 Desember 2023, 19:31
ganjar, kursi menteri ekonomi, menteri ekonomi, pilpres 2024
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/Spt.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan kuliah umum saat mengunjungi kampus Unuversitas Muhamadiyah Cirebon, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023). Dalam Kuliahnya Ganjar Pranowo memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berniat untuk mengisi jajaran menteri ekonomi dalam kabinet dengan para profesional jika menang dalam Pilpres 2024. Hal ini penting untuk memastikan target pertumbuhan ekonomi 7% yang dijanjikannya dapat tercapai. 

"Tentu saja kabinet ahli itu memang penting, khususnya untuk bidang perekonomian," katanya dalam Dialog Capres bersama Apindo, Senin (11/12).

Ia menjelaskan, target pertumbuhan ekonomi sebesar 7% per tahun tidak bisa lagi ditawar. Target tersebut penting diraih untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Menurut Ganjar, usaha utama dalam pencapaian target tersebut adalah peningkatan kepastian hukum di dalam negeri. Ia menilai target tersebut baru dikatakan tercapai jika tidak ada anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo yang menilai sistem perizinan berusaha di dalam negeri tak efektif.

"Kalau KKN disikat, pungutan liar dan mafia hukum disikat, maka lapangan kerja akan terbuka dan nilai rasio output modal tambahan naik. Saya yakin," kata Ganjar dalam Dialog Capres bersama Apindo, Senin (11/12).

Ganjar menyampaikan, minimnya kepastian hukum di dalam negeri membuat biaya berusaha secara nasional menjadi tinggi. Selama ini, menurut dia, pemangku kepentingan selalu membicarakan peningkatan kepastian hukum, tapi belum ada aksi riil.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...