Jokowi Belum Berencana Wajibkan Masker Meski Covid-19 Meningkat

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Desember 2023, 13:54
jokowi, masker, covid-19
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo memberikan pengantar saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum berencana mewajibkan masyarakat menggunakan masker meski kasus Covid-19 menunjukkan tren peningkatan. Ini karena secara umum penularan masih dalam kondisi terkendali.

"Belum sampai ke sana, selalu diikuti dan diamati oleh Menteri Kesehatan dan jajaran," ujar Jokowi usai meninjau Proyek MRT Jakarta Fase 2 di Monas, Jakarta Pusat pada Jumat (15/12).

Jokowi juga memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk terus memantau perkembangan Covid-19 secara intensif. " Dari Menteri Kesehatan menyampaikan masih dalam kondisi baik," kata Jokowi 

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyatakan kenaikan kasus Covid-19 dalam dua bulan terakhir masih terkendali. Pemerintah belum melihat tren kenaikan tersebut untuk mengarahkan kepada kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat.

"Masih terkendali, masih belum terlalu signifikan kenaikannya," kata Dante kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (11/12).

IDI imbau masyarakat gunakan masket
IDI imbau masyarakat gunakan masket (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.)

Dia menyebut pemerintah masing mengantongi 4,1 juta dosis vaksin Covid-19 siap pakai sebagai antisipasi lonjakan kenaikan kasus jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...