Kronologi Kasus yang Seret Ketua BEM UI, Bagaimana Profil Melki Sedek?

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Desember 2023, 13:39
BEM UI
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Unjuk rasa di di Halaman Rektorat, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (26/6/2023).

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) non aktif Universitas Indonesia (UI) Melki Sedek Huang tengah menjadi sorotan. Ia tersandung kasus dugaan pelecehan seksual. 

Dugaan kasus itu mulai mencuat ke publik tak lama setelah dirinya bersama puluhan mahasiswa mendatangi Kantor Balai Kota Solo, Jawa Tengah pada Senin (18/12). Saat itu Sedek bersama mahasiswa lain bermaksud mengajak Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk latihan debat jelang agenda Debat Calon Wakil Presiden pada Jumat, 22 Desember mendatang. Niat itu sirna tatkala Gibran tak kunjung menemui rombongan mahasiswa tersebut.

Melki bersama pengurus BEM UI juga pernah mengundang kandidat calon presiden untuk adu gagasan di Kampus Kuning pada 14 September 2023 lalu. Undangan dilayangkan pada tiga kandidat yang sudah mengantongi tiket maju pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Namun kegiatan tersebut urung terlaksana lantaran Ganjar dan Prabowo dipastikan tidak hadir. Ganjar sedang melaksanakan umrah dan Prabowo menjalani tugas negara di Laos.

Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Melki ramai di media sosial. Adapun Melki sudah dinyatakan nonaktif dari Ketua BEM UI setelah kasus ini mencuat. Surat penonaktifan ditandatangani oleh Wakil Ketua BEM UI Shifa Anindya Hartono lewat surat keputusan tertanggal 18 Desember 2023. 

Salinan surat tersebut beredar luas di platform media sosial. Kendati demikian, Melki menjelaskan upaya penonaktifan itu telah sesuai dengan aturan BEM UI yang berlaku.

Ikuti Aturan Pengusutan Kasus

Menanggapi adanya dugaan perkara pelecehan seksual, Melki menyatakan dirinya tidak pernah melakukan perbuatan yang dimaksud. Dia juga mengaku belum mendapatkan surat pemanggilan atau penjelasan dari pihak-pihak terkait. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...