Covid-19 Varian JN.1 Ditemukan di Jakarta, Kemenkes Lacak Pola Infeksi

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Desember 2023, 13:23
Ilustrasi, JN.1 varian terbaru Covid-19. kemenkes lacak sebaran infeksi
Business Today
Ilustrasi, JN.1 varian terbaru Covid-19.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih melakukan tracing atau proses pelacakan terhadap pihak yang berkontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19 varian JN-1 di Jakarta Selatan. Hal sama juga dilakukan atas temuan Covid-19 varian JN-1 di Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya masih berupaya untuk menggencarkan pelacakan kontak erat ini untuk memutus rantai penularan Covid-19 varian JN.1 di masyarakat. Seiring masih berjalannya proses tracing, Siti mengaku belum mendapatkan informasi menyeluruh terkait gejala awal dari seseorang yang terjangkit varian JN.1. 

Nadia juga belum bisa memastikan seberapa besar tingkat penyebaran dan keparahan dari varian JN.1 dibandingkan dengan varian lainnya seperti XBB 1.5 dan Eris EG.5. "Saat ini kami masih melakukan tracing terhadap kasus JN.1 yang dilaporkan," kata Nadia lewat pesan singkat WhatsApp pada Kamis (21/12).

Varian JN.1 dilaporkan berkaitan erat dengan varian BA.2.86. Kasus ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi pola penularan dan tingkat keparahan akibat Covid-19.

Lebih lanjut, Nadia juga belum dapat merinci jumlah orang yang telah dites dalam upaya mendeteksi sebaran Covid-19 varian JN.1. Dia mengatakan bahwa proses tracing masih terus berjalan dengan melibatkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Nadia mengatakan ada penambahan jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 486 kasus per Rabu, 20 Desember kemarin. "Kalau subvariannya dari hasil pemantauan masih ada XXB 1.5, JN.1 dan EG.5," ujar Nadia.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...