Kronologi Ucapan Zulkifli Hasan yang Tuai Kontroversi, PAN Klarifikasi

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Desember 2023, 14:56
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menggosok replika lampu ajaib saat perayaan HUT ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8/2023).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas tengah menjadi sorotan publik usai menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang pada Selasa, 19 Desember 2023. Penyebabnya salah satu pernyataan yang disampaikan Zulkifli dalam acara tersebut dinilai tidak tepat.

Saat memberikan kata sambutan, Zulhas menceritakan adanya perubahan perilaku masyarakat menjelang Pilpres 2024. Dia mengaku mendengar cerita dari masyarakat mengenai perubahan sikap dalam beribadah salah satunya adalah pada saat tahiyat yang merupakan rukun salat bagi umat muslim.

Dalam pidatonya, Zulkfili memperagakan gerakan menunjuk yang semula dari satu jari menjadi dua jari. Dia juga memperagakan tahiyat gerakan dua jari kepada para peserta Rakernas APPSI dari atas podium. "Itu kalau tahiyat akhir sekarang banyak gini pak,” ujar Zulhas seperti terlihat dalam cuplikan video yang diunggah oleh akun Instagram @amanatnasional pada Rabu (20/12). 

Zulhas juga terlihat melempar candaan mengenai perubahan sikap sejumlah masyarakat yang tidak lagi mengucap kata 'aamiin' setelah imam salat selesai membaca surah Al-Fatihah. "Baca Al-Fatihah, wa ladh dhooolliin. Ada yang diam sekarang, banyak. Saking cintanya sama Pak Prabowo," kata Zulhas.

Diksi Amin saat ini populer merujuk pada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

PAN Klarifikasi, Nilai Tak Ada Tendensi dari Ucapan Zulhas

Menanggapi video viral tersebut, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menyampaikan pernyataan yang disampaikan oleh Zulhas merupakan cerita tentang kondisi di masyarakat yang dia temui.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...