Istana Terima Surat Pengunduran Diri Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Desember 2023, 21:28
firli bahuri, kpk, istana
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri saat akan memberikan keterangan kepada wartawan di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Selasa (19/12/2023).

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif Firli Bahuri telah mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat dikirimkan Firli usai ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat pengunduran diri dari Firli tertanggal 18 Desember 2023.

"Firli Bahuri menyampaikan pengunduran diri beliau dari jabatan ketua dan pimpinan KPK," kata Ari lewat pesan singkat WhatsApp pada Kamis (21/12).

Menurut Ari, surat pengunduran diri tersebut masih dalam tahap proses untuk dapat ditetapkan dengan keputusan presiden (Keppres). "Perlu diketahui, presiden baru sore tadi tiba di Jakarta dari kunjungan kerja ke IKN," ujar Ari.

Firli mengatakan pengunduran dirinya telah disampaikan kepada Jokowi lewat Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Pemberitahuan juga dilakukan kepada pimpinan KPK serta Dewan Pengawas komisi antirasuah.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...