Muhaimin Tak Paham SGIE yang Ditanyakan Gibran, Apa Itu SGIE?

Happy Fajrian
22 Desember 2023, 21:58
muhaimin, gibran, sgie,
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri) menyampaikan gagasannya disaksikan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kanan) saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, tidak paham terkait salah satu isu yang ditanyakan cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka. Topik tersebut yaitu terkait peringkat Indonesia dalam State of the Global Islamic Economy (SGIE).

“Karena Gus Muhaimin adalah ketua umum PKB, saya yakin Gus paham sekali masalah ini. Bagaimana langkah Gus dalam menaikkan peringkat Indonesia di SGIE?” tanya Gibran dalam acara Debat Calon Wakil Presden yang dipantau secara daring, Jumat (22/12).

Kemudian Muhaimin menjawab bahwa ia tidak paham dengan SGIE. “Terus terang SGIE itu saya tidak paham. SGIE itu apa?” tanyanya.

Karena Muhaimin tidak bisa menjawab maka moderator kembali memberikan kesempatan kepada Gibran untuk memperjelas pertanyaannya. Gibran sempat mengkritik Muhaimin yang tidak paham mengenai SGIE.

“Kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, otomatis kita harus mengerti juga masalah SGIE. SGIE itu adalah state of global Islamic Economy. Misalnya sekarang sudah masuk 10 besar itu makanan halal, skincare, dan fesyen. Mohon maaf kalau agak sulit ya Gus,” kata Gibran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...