Top News: Litium Ditemukan di RI, Transaksi Janggal Pemilu Rp 1 T

Aryo Widhy Wicaksono
23 Desember 2023, 05:45
Ilustrasi baterai litium-ion
123RF.com/malp
Ilustrasi baterai litium-ion

Pemerintah mendapatkan laporan bahwa Indonesia ternyata memiliki sumber litium, yang menjadi bahan baku untuk membuat baterai kendaraan listrik.

Laporan ini menjadi penemuan penting karena produksi baterai kendaraan listrik terkendala ketersediaan bahan baku litium, yang sebelumnya belum ditemukan di Indonesia.

Kondisi ini yang mendorong Indonesia menjajaki kerja sama kepada beberapa negara produsen litium.

Laporan temuan sumber litium di Indonesia merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain mengenai sumber litium, simak juga informasi mengenai sosok dua moderator debat cawapres, serta jejak transaksi janggal terkait pemilu.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Bocoran Luhut: Sumber Litium yang Besar Ditemukan di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan dirinya baru saja menerima laporan telah ditemukan sumber litium di Indonesia.

Litium merupakan bahan baku penting untuk pembuatan baterai kendaraan listrik.

"Saya baru dapat laporan kemarin, ditemukan sumber litium yang besar sekali di Indonesia," kata Luhut dalam konferensi pers secara daring, Jumat (22/12).

Luhut mengatakan, ini merupakan penemuan penting karena pembangunan baterai kendaraan listrik terkendala oleh ketersediaan bahan baku litium yang sebelumnya belum ditemukan di Indonesia. Hal itu menyebabkan Indonesia melakukan penjajakan untuk bekerja sama dengan negara lain yang menjadi produsen litium, seperti Australia.

Dengan adanya penemuan litium tersebut, Luhut mengatakan, Indonesia memiliki semua sumber bahan baku mineral pembuat baterai kendaraan listrik. Namun, Luhut tak merinci lebih jauh mengenai lokasi dan kapasitas darinsumber litium tersebut

2. Mengenal Sosok Dua Moderator Pemandu Debat Cawapres di Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat antar calon wakil presiden pada Jumat (22/12). Debat yang berlangsung di Jakarta Convention Center itu akan dipandu oleh dua orang moderator yang telah ditunjuk oleh KPU.

Moderator ini dipilih berdasarkan penilaian KPU, dan berbeda dari moderator yang memandu debat calon presiden sebelumnya.

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, menyatakan dua moderator yang terpilih akan mengatur jalannya debat. Mereka adalah Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...