Rencana Jokowi Usai Tak Jadi Presiden: Balik ke Solo Jadi Rakyat Biasa

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Januari 2024, 10:41
jokowi, solo, pensiun
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ketua KPU Hasyim Asy'ari berjalan usai menghadiri rapat konsolidasi nasional kesiapan Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya akan kembali ke Solo usai habis masa jabatan sebagai Presiden pada Oktober tahun ini. Jokowi menyampaikan hal tersebut usai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Purworejo, Jawa Tengah pada Selasa (2/1).

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih rencananya akan dilakukan pada 20 Oktober 2024. Bersamaan dengan itu, masa pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir.

"Jadi rakyat biasa. Kembali ke Solo jadi rakyat biasa," kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden.
Penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Jokowi telah memperoleh hadiah dari negara berupa rumah bersertifikat hak milik yang berlokasi di Colomadu, Karanganyar Jawa Tengah.  Pemberian hadiah ini sesuai dengan UU No.7/1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wapres Serta Bekas Presiden dan Wapres Republik Indonesia. 

Jokowi sebetulnya berhak menerima rumah tersebut di 2018, namun, saat itu Presiden menolak. Kemudian pada Oktober 2022, Kementerian Sekretariat Negara akhirnya menyelesaikan pengadaan tanah di kawasan Colomadu.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...