Kontroversi Pembelian Jet Tempur Mirage 2000-5 Bekas Qatar

Image title
9 Januari 2024, 15:50
Jet Tempur
War Thunder
Jet Tempur Mirage 2000-5
Button AI Summarize

Pemerintah memutuskan menunda pembelian jet tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar dengan alasan keterbatasan fiskal.  Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mempersoalkan rencana pembelian Mirage 2000-5 saat debat capres ketiga, Minggu (7/1). 

Ganjar menilai jet tempur besutan Dassault Aviation Prancis tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan pertahanan Indonesia saat ini. "Kita tidak bisa lagi membicarakan tentang kebutuhan pertahanan tetapi membeli pesawat bekas," kata Ganjar.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto awalnya berencana membeli pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar, salah satu varian Mirage 2000. Tujuannya untuk mengisi kekosongan atau menutup gap kesiapan tempur TNI Angkatan Udara yang disebabkan banyaknya pesawat tempur TNI AU habis masa pakainya.

Namun, rencana ini tertunda. "Kapasitas fiskal kita terbatas dan belum bisa mendukung pembelian ini," kata Juru bicara Menteri Pertahanan RI Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam siaran pers (4/1).

Rencana pembelian 12 jet tempur Mirage 2000-5 ini menuai kontroversi, karena beberapa pihak mempertanyakan pembelian jet tempur bekas AU Qatar ini.

Jet Tempur Mirage 2000-5F
Jet Tempur Mirage 2000-5F (Flickr)

Kontroversi Pembelian Mirage 2000-5

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Jenderal TNI (Purn) Muhammad Andika Perkasa, mempertanyakan kecocokan Mirage 2000-5 sebagai jet tempur untuk mengisi gap atau kekosongan kekuatan matra udara dalam masa tunggu, sebelum jet tempur baru yang dipesan datang.

"Kehadiran Mirage 2000-5 justru akan menyulitkan adaptasi para pilot, maupun mekanik dalam memastikan operasional pesawat yang baru. Berarti mulai dari nol lagi," kata Andika, dalam acara Kabar Petang.

Selain itu, produsen pesawat Dassault Aviation, sudah tidak lagi membuat Mirage 2000, termasuk di dalamnya varian Mirage 2000-5. Hal ini akan menyulitkan Indonesia untuk melakukan perawatan jika nantinya memang akan mendatangkan jet tempur alutsista ini. Karena, ketersediaan suku cadang untuk pemeliharaan akan sangat terbatas.

Menurut Andika, jika Indonesia tetap memaksakan membeli 12 Mirage 2000-5 dari Qatar, maka biaya pemeliharaan yang dikeluarkan menjadi mahal. Karena, Indonesia harus mencari suku cadang di pasar gelap, atau di negara yang masih menggunakan jet tempur tersebut.

Ketersediaan suku cadang di pasar gelap jelas mahal. Sementara, negara yang masih menggunakan alutsista ini akan memprioritaskan persediaan suku cadang yang ada untuk armadanya.

Menanggapi hal tersebut, Dahnil mengatakan, jika Kementerian Pertahanan telah melakukan pembicaraan dengan Qatar, dan Dassault Aviation. Ia menjelaskan, kendala-kendala teknis yang diutarakan oleh Andika sebenarnya sudah memiliki penyelesaian setelah melalui pembicaraan dengan Qatar dan Dassault.

Rencana penundaan pembelian Mirage-5 ini murni disebabkan karena kapasitas fiskal Indonesia saat ini belum mumpuni untuk membeli jet tempur tersebut.

Mengutip Kompas TV, Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Universitas Paramadina Anton Aliabbas mengatakan, penundaan pembelian Mirage 2000-5 menunjukkan adanya ketidakcermatan dalam perencanaan proses pengadaan atau akuisisi alutsista.

Menurutnya, pemerintah seharusnya sudah memperhitungkan seluruh aspek baik dari kebutuhan pengguna, yakni TNI AU, manajemen risiko, serta kesiapan anggaran sebelum mengajukan penawaran.

"Dalam perencanaan pembelian alutsista seperti jet tempur, pemerintah dan TNI AU sebagai pengguna, seharusnya sudah menyertakan detail rencana program pemakaian, ketersediaan suku cadang, proses pemeliharaan serta perawatan, dan ketersediaan anggaran," ujarnya.

Jet Tempur Mirage 2000-5
Jet Tempur Mirage 2000-5 (Flickr/Peter Foster)

Sekilas tentang Mirage 2000-5

Mirage 2000-5 termasuk dalam keluarga varian Dassault Mirage 2000, yang merupakan keluarga pesawat generasi keempat. Jadi, secara spesifik, Mirage 2000-5 adalah pengembangan dari Mirage 2000C.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...