Absen di HUT PDIP, Jokowi Blusukan ke Pabrik Kopiko di Filipina

Ameidyo Daud Nasution
10 Januari 2024, 11:50
jokowi, pdip, kopiko
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/Spt.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (tengah), Pj Gubernur Banten Al Muktabar (kanan) berjalan untuk meresmikan pengoperasian jembatan Cisadane di Tangerang, Banten, Senin (8/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo memulai kunjungannya di negara-negara Asia Tenggara. Hari ini, Jokowi akan bertemu Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Istana Malacanang, Manila.

Selain itu, Jokowi akan meninjau pabrik Kopiko Philippines Corporation di Calamba. Setelah itu Presiden akan meninjau pabrik W Hydrocolloids Inc di Manila.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan ke Filipina adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, hingga Duta Besar Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo.

Setelah mengunjungi Filipina, Jokowi juga akan mengunjungi Vietnam dan Brunei Darussalam. Dalam kunjungan ke Brunei, mantan Wali Kota Solo itu akan menghadiri pernikahan Pangeran Abdul Mateen.

Kunjungan Jokowi ini bersamaan dengan perayaan HUT Ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang digelar di Jakarta hari ini.. Jokowi sebelumnya mengatakan belum menerima undangan dari partainya sendiri.

Foto terbaik 2023
Foto terbaik 2023 (ANTARA FOTO/Monang/foc.)

Tak hanya itu, Jokowi juga tidak memberikan sambutan dalam acara tersebut, meskipun melalui kiriman video sekalipun. "Saya rasa tidak (memberi sambutan melalui video)," kata politisi PDIP Chicho Hakim kepada wartawan di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (10/1).

Adapun, pada acara HUT tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, serta calon presiden yang diusung PDIP Ganjar Pranowo.


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...