Prabowo Jelaskan Alasan Ngotot Bangun Food Estate: Agar Petani Makmur

Muhamad Fajar Riyandanu
12 Januari 2024, 15:19
prabowo, food estate, anies
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Calon Presiden Prabowo Subianto menjelaskan alasannya proyek lumbung pangan atau food estate harus tetap berjalan. Ia mengatakan food estate sebagai salah satu langkah aktual untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Prabowo menilai program food estate mampu menghadirkan keuntungan ganda bagi pemerintah dan masyarakat. Dari sisi pemerintah mampu meningkatkan produksi pangan, sementara para petani mendapat akses kepastian pasar.

"Kita harus punya food estate yang besar. Kita harus bikin petani makmur supaya anaknya petani mau jadi petani," kata Prabowo saat mengisi dialog capres bersama Kadin di Djakarta Theater pada Jum'at (12/1).

Guna memuluskan program food estate, pemerintah wajib memberikan stimulus kepada petani berupa penyediaan benih murah dan pupuk bersubsidi. Prabowo juga menyoroti adanya praktik jual-beli pupuk bersubsidi yang kerap terjadi di lapangan.

"Jadi keberpihakan pengelolaan pupuk harus ke petani dan jangan diperdagangkan. Perlu subsidi pupuk, benih dan sebagainya," ujar Prabowo.

Program ini sempat dikritik calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat calon presiden. Anies mengatakan program ini harus dihentikan karena menurutnya merusak lingkungan dan hanya menguntungkan sejumlah pihak.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...