Top News: Nasib Uang Pengguna Pinjol Tutup, WNI di Kerusuhan Ekuador

Aryo Widhy Wicaksono
13 Januari 2024, 05:50
Ilustrasi, startup.
Freepik
Ilustrasi, startup.
Button AI Summarize

Beberapa pinjol terpantau mengembalikan izin kepada OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Ada juga yang dikabarkan tutup.

Pada awal Januari 2022, OJK menyampaikan ada 46 startup pinjol yang mengembalikan izin selama 2021. Otoritas tidak memerinci jumlah selama 2022, namun Kas Wagon Indonesia termasuk yang dibatalkan tanda izinnya.

Jika dihitung dengan 46 startup pinjol yang tutup pada 2021, maka jumlahnya 49 ditambah dengan Kas Wagon, Danafix, dan Jembatan Emas.

Terkait dengan pengguna, OJK mewajibkan penyelenggara pinjol untuk memfasilitasi mitigasi risiko, baik lender maupun peminjam atau borrower.

Tutupnya beberapa startup pinjol merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain artikel tersebut, simak juga bagaimana performa transaksi TikTok dan Tokopedia setelah merger, serta nasib WNI di tengah kerusuhan di Ekuador.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Beberapa Pinjol Tutup, Bagaimana Nasib Uang Pengguna?

Beberapa pinjol terpantau mengembalikan izin kepada OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Ada juga yang dikabarkan tutup. Bagaimana nasib pemberi pinjaman atau lender jika platform pinjol tutup?

Data terkait pinjol yang dikonfirmasi mengembalikan izin kepada OJK maupun yang terpantau sudah tidak terdaftar, sebagai berikut:

Akur Dana Abadi atau jembatan emas per September (30/9/2023)

Danafix Online Indonesia pada April 2023

DANAdidik terpantau tidak lagi ada di daftar OJK. Berdasarkan laman resmi, pinjol ini beroperasi terbatas dan untuk sementara tidak dapat menyalurkan pembiayaan baru.

Pada awal Januari 2022, OJK menyampaikan ada 46 startup pinjol yang mengembalikan izin selama 2021. Otoritas tidak memerinci jumlah selama 2022, namun Kas Wagon Indonesia termasuk yang dibatalkan tanda izinnya.

2. Resmi Sebulan Bergabung, Berapa Transaksi TikTok x Tokopedia?

TikTok Shop resmi hadir kembali ke Indonesia pada pesta diskon 12.12 akhir tahun lalu setelah bergabung dengan Tokopedia. Bagaimana kinerja kedua e-commerce ini setelah bekerja sama?

Tokopedia rutin memberikan diskon lewat fitur WAR Diskon setiap pukul 14.00. Selain itu, ada diskon khusus untuk pembelian di fitur ‘beli lokal’.

Namun Tokopedia belum memerinci data transaksi kuartal IV atau setelah bergabung dengan TikTok. Namun Compas.co.id mencatat, penjualan FMCG di Tokopedia naik 214% dibandingkan rata-rata harian Rp 47 miliar menjadi Rp 69 miliar pada periode diskon 12.12.

Sementara itu, transaksi FMCG di TikTok Shop Rp 193 miliar dari dua juta transaksi selama 12 – 19 Desember 2023. Lebih dari 48 ribu brand aktif melakukan promosi di TikTok Shop selama periode diskon 12.12.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...