Lisa Rumbewas, Legenda Angkat Besi Indonesia Meninggal Dunia

Safrezi Fitra
14 Januari 2024, 13:42
Lisa Rumbewas, Lisa Rumbewas meninggal, legenda angkat besi Indonesia, lifter, atlet olimpiade
KONI
Lisa Rumbewas
Button AI Summarize

Legenda angkat besi Indonesia Raema Lisa Rumbewas meninggal dunia. Lifter peraih tiga medali Olimpiade tersebut menghembuskan napas terakhir pada Minggu (14/1) dini hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Papua.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua menyatakan meninggalnya Raema Lisa Rumbewas merupakan duka yang sangat mendalam bagi dunia olahraga di tanah Papua dan Indonesia. Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn. Marciano Norman pun menyampaikan belasungkawa.

Ia mengatakan, masyarakat akan terus mengenang Lisa sebagai atlet yang berprestasi dan berjasa bagi Indonesia di bidang olahraga. “Mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita. Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Pengasih dan jasanya sebagai patriot olahraga akan selalu dikenang, serta memotivasi para lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,” kata Marciano Norman dalam keterangannya (14/1).

Lisa Rumbewas merupakan atlet angkat besi kelahiran Jayapura, 10 September 1980 yang mengukir banyak prestasi. Lisa merupakan anak dari binaragawan terbaik Indonesia Levi Rumbewas dan lifter putri Indonesia Ida Korwa. Keluarga ini dikenal sebagai keluarga atlet sekaligus perintis angkat besi di Bumi Cendrawasih.

Lisa juga dikenal sebagai salah satu lifter yang konsisten mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Dia pertama kali mendapatkan medali perak di panggung olahraga tertinggi di dunia pada debutnya di Olimpiade 2000 Sydney di kelas -48 kg putri. Prestasinya pun terus konsisten dengan meraih medali yang sama di Olimpiade 2004 Athena pada kelas -53 kg putri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...