William Lai Jadi Presiden Baru Taiwan, Respon Berbagai Negara Beragam

Lona Olavia
14 Januari 2024, 20:09
William Lai Jadi Presiden Baru Taiwan, Respon Berbagai Negara Beragam
Reuters
Button AI Summarize

William Lai Ching-te pemimpin yang berasal dari Partai Progresif Demokratik (DPP) terpilih sebagai presiden baru Taiwan. Ia sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden Taiwan Tsai Ing Wen.

Lai Ching-te menang Pilpres Taiwan melawan Hou Yu-ih dari oposisi Kuomintang (KMT) pada penghitungan suara, Sabtu (13/1). Taiwan menggelar Pilpres dan pemilihan anggota parlemen dibawah pengawasan ketat Tiongkok.

Dalam sambutannya, pria kelahiran 1959 di Distrik Wanli Kota New Taipei itu menyinggung soal hubungan dengan Tiongkok. Dia mengharapkan pertukaran hubungan yang sehat dan teratur dengan Tiongkok.

"Saya memiliki tanggung jawab yang penting untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Akan menggunakan dialog untuk mengganti konfrontasi," kata Lai dikutip dari Reuters, Minggu (14/1).

Lai yang bergelar Magister Kesehatan Masyarakat dari Universitas Harvard tersebut juga menegaskan kembali keinginannya untuk melakukan pembicaraan berdasarkan rasa saling menghormati dan kesetaraan dengan Tiongkok.

"Kami berharap Tiongkok akan memahami bahwa hanya perdamaian yang bisa menguntungkan kedua pihak. Tiongkok juga memiliki tanggung jawab," ujar ia.

Lebih lanjut Lai mengajak kubu oposisi untuk bekerja sama untuk mencari solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi Taiwan. Lai yang berasal dari partai penguasa, DPP naik ke tampuk kekuasaan menggantikan pendahulunya, Tsai Ing Wen.

Lai akan resmi menjabat pada Mei mendatang setelah masa jabatan empat tahun pemimpin Tsai Ing-wen berakhir.

Saat ini Lai masih menjadi wakil pemimpin Tsai Ing-wen dan ini akan menjadi masa jabatan DPP ketiga secara berturut-turut.

Sementara terpilihnya Lai mendapat respon beragam dari berbagai negara. Beberapa negara seperti Jerman, Jepang, Rusia, dan Perancis telah menyatakan dukungannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...