Moeldoko Kritik Isu Pemakzulan Jokowi: Tidak Produktif

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Januari 2024, 18:32
jokowi, moeldoko, pemakzulan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko menjawab pertanyaan pembawa acara Podcast Antara Afut Syafril Nursyirwan di kediaman Moeldoko di Menteng, Jakarta, Rabu (5/7/2023).
Button AI Summarize

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko turut menanggapi adanya narasi pemakzulan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh tokoh Petisi 100. Mereka menyampaikan usulan pemakzulan itu tak produktif.

Moeldoko meminta tak ada pihak yang sibuk dengan agenda tak produktif. Dia menyebut pemakzulan tak produktif karena Jokowi merupakan sosok yang mendapat apresiasi tinggi dari mayoritas masyarakat saat ini.

“Kita ini sedang fokus pada penyelenggaraan pemilu yang demokratis. Jadi jangan ada agenda-agenda lain yang menurut saya tidak produktif seperti itu,” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Merdeka Jakarta pada Senin (15/1).

Dia mengatakan Jokowi bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju masih terus berupaya untuk menyelesaikan seluruh progam kerja pemerintahan sebelum masa habis jabatan pada Oktober 2024.

“Pemerintah juga sangat menaruh perhatian mengikuti jalannya pemilu yang baik di Indonesia,” ujar Moeldoko.

Sebelumnya, Menteri Koodinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bertemu dengan tokoh Petisi 100 yang mendorong isu pemakzulan Jokowi. Dalam pertemuan pada Selasa (9/1), Petisi 100 menyampaikan usulan pemakzulan presiden Jokowi dengan dugaan kecurangan Pemilu. 

Mahfud menegaskan urusan pemakzulan bukan ranah Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Mahfud lalu menyerahkan urusan pemakzulan tersebut kepada partai politik dan DPR.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...