TKN Prabowo Minta Moderator Cegah Serangan Personal di Debat Cawapres

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Januari 2024, 17:33
debat, debat cawapres, tkn
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) bergandengan tangan usai mengikuti debat cawarpres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023).
Button AI Summarize

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran meminta debat calon wakil presiden (cawapres) pada Ahad (17/1) mendatang lebih fokus pada tanya-jawab dan adu gagasan. TKN tak ingin debat hanya diisi hal yang menurut mereka serangan aspek personal seperti yang terjadi pada sesi debat capres.

TKN juga berharap para moderator agar lebih awas untuk mengawal jalannya debat cawapres akhir pekan ini. Wakil Ketua TKN Eddy Soeparno mengatakan moderator memiliki peran vital dalam pelaksanaan debat yang kondusif dan terukur.

“Ketika moderator menangkap bahwa itu sudah mengarah ke masalah personal, mereka bisa meluruskan agar semua kembali ke jalurnya,” kata Eddy saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Rabu (17/1).

Kubu Prabowo sebelumnya protes karena menurut mereka debat ketiga hanya berisi serangan dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo kepada capres nomor urut 2 itu. 

Sesi debat capres pada awal pekan bulan ini mendapat komentar khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menganggap debat malam itu cenderung sebagai ajang saling serang sehingga menutup substansi dan visi-misi yang ditawarkan oleh ketiga kontestan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...