Kumpulkan Menteri, Jokowi Waspadai Kelangkaan Beras dan Jagung

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Januari 2024, 17:35
jokowi, beras, jagung
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo memberikan pengantar saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo mulai mewaspadai kelangkaan sekaligus kenaikan harga beras dan jagung menjelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri yang berlangsung pada Maret-April mendatang.

Kekhawatiran itu menjadi topik bahasan dalam rapat internal antara Jokowi dan sejumlah pejabat di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis (18/1).

Rapat internal itu dihadiri oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas), Direktur Utama Bulog Budi Waseso, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

Zulhas mengatakan pemerintah telah menyiapkan sejumlah stretegi khusus dari jauh hari untuk menekan harga beras dan jagung menjelang momen tahunan tersebut.

Dia mengatakan, persiapan diperlukan karena turunnya produksi beras domestik akibat siklus cuaca kering El Nino yang baru akan mereda pada Febuari 2024. Zulhas melanjutkan, kekurangan pasokan jagung di dalam negeri akan berakibat pada menurunya pasokan pakan ayam ternak.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...