Jokowi Bantah Isu Sebagian Menteri Mundur, Pastikan Tetap Kerja Biasa

Syahrizal Sidik
20 Januari 2024, 10:42
Jokowi Bantah Isu Sebagian Menteri Mundur, Pastikan Tetap Kerja Biasa
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/tom.
Presiden Joko Widodo
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membantah kabar mengenai sebagian menteri di kabinetnya akan mengundurkan diri. Ini termasuk nama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang belakangan santer terdengar akan mundur.

Jokowi menegaskan, saat ini para menteri Kabinet Indonesia Maju tetap bekerja seperti biasanya. Kepala negara menyebut, setiap hari ia menggelar rapat internal bersama para menteri dari pagi hingga malam.

"Menteri setiap hari kita rapat terbatas, setiap hari rapat internal, setiap hari dengan semua menteri atau dengan sebagian menteri," ucap Presiden Jokowi usai menghadiri acara Hari Lahir (Harlah) ke-78 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dikutip dari Antara, Sabtu (20/1).

Bekas gubernur DKI Jakarta itu menyebut, isu menteri mengundurkan diri termasuk hal yang dikaitkan dengan politik. Terlebih lagi, kurang dari sebulan lagi, Indonesia bakal menggelar pemilihan umum 2024.

“Ya namanya bulan politik, tahun politik ya, semua hal akan berkaitan dengan hal-hal yang bersifat politik. Tapi kita kerja rutin seperti biasa," kata Jokowi.

Seperti diberitakan sebelumnya, ekonom senior Faisal Basri menyebut Sri Mulyani adalah menteri yang secara moral paling siap untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Selain Sri Mulyani, Faisal juga menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono siap mundur. Menurut Faisal, menteri dari kalangan teknokrat siap mundur karena isu dukungan presiden dalam pilpres ke salah satu calon tertentu.

Namun, kabar ini dibantah langsung oleh Bendahara Negara. Ia memastikan tetap bekerja di pemerintahan Jokowi. “Masa? Ini masih kerja," kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (19/1).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...