Hasto Sebut Megawati Tahan Keinginan Menteri PDIP Mundur dari Kabinet

Ade Rosman
24 Januari 2024, 11:30
Hasto Kristiyanto saat Debat Calon Presiden di KPU, Selasa (12/12)
Katadata/Ade Rosman
Hasto Kristiyanto saat Debat Calon Presiden di KPU, Selasa (12/12)
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan terdapat menteri dari partai banteng yang menyatakan siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Meski begitu menurut Hasto keinginan itu urung dilakukan lantaran tidak mendapat persetujuan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Ya kalau menteri menteri dari PDI Perjuangan, kita harus melihat bahwa kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya. Jadi, meskipun ada yang pernah mengatakan ‘kami sudah siap angkat koper’, tapi buat Ibu stabilitas pemerintahan itu sangat penting,” kata Hasto kepada wartawan di kawasan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, seperti dikutip Rabu (24/1). 

Hasto mengatakan, Menteri memiliki tanggung jawab utama untuk rakyat dalam tugasnya membantu presiden menjalankan pemerintahan. Sehingga, tugas untuk melayani rakyat lebih utama dari kepentingan politik. 

Hasto mengatakan, Megawati menilai stabilitas pemerintahan sangat penting. Di sisi lain, menurutnya Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan hal biasa yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

“Karena ujung-ujungnya kan rakyat, Pemilu itu kan udah biasa kita ikuti setiap lima tahun,” kata Hasto mengulang pesan Mega. 

Ia pun mengatakan, Mega tak memberikan arahan terkait dengan sejumlah menteri yang sudah bersiap angkat kaki tersebut. Megawati dan PDIP menurut Hasto hingga kini tetap berada pada sikap tegas membela kepentingan bangsa. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...