Anies Janji Bangun Stadion Internasional di Aceh jika Terpilih

Agustiyanti
27 Januari 2024, 17:36
anies, stadion, aceh
ANTARA FOTO/Khalis Surry/foc.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menyapa pendukungnya saat kampanye akbar di pelataran parkir Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (27/1/2024). Anies mengajak warga Tanah Rencong untuk mendukung dan memenangkan pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang menggelorakan semangat perubahan untuk terwujudnya Indonesia adil dan makmur pada Pilpres 2024.
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menilai Provinsi Aceh membutuhkan stadion berstandar internasional. Ia berjanji akan membangun stdion tersebut jika terpilih dalam Pilpres 2024. 

“Kami menyadari bahwa masyarakat Aceh memerlukan stadion berstandar internasional, kami berencana akan membangun sebuah stadion berstandar internasional di Aceh,” kata Anies kepada media setelah kampanye akbar di Banda Aceh, Sabtu (27/1). 

Anies dalam orasi kampanye terbuka di pelantaran Stadion H Dimurthala, Banda Aceh juga menyerukan hal yang sama. Ia bahkan langsung memperlihat desain stadion yang telah direncanakan untuk Aceh.  Aceh memang sudah memiliki stadion, tetapi belum bertaraf internasional.

“Stadion H Dimurthala ini bagus, tapi belum standar internasional. Maka kita akan hadirkan itu,” ujarnya saat orasi.

Selain Stadion H Dimurthala, Aceh juga memiliki Stadion Harapan Bangsa, Stadion Langsa dan lainnya.

Anies menilai, Aceh merupakan salah satu daerah dengan kekayaan alam yang luar biasa. Aceh juga menerima suntikan dana otonomi khusus (otsus) yang besar, Meski demikian, Aceh masih menjadi salah satu provinsi dengan angka kemiskinan paling tinggi di Sumatra.

Sebagai salah satu solusinya, ia ingin agar pengelolaan dana Otsus ke depan diberikan pos-pos yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan yang nyatanya diacak, sehingga pemanfaatan dana tersebut betul-betul optimal. Pada tahun 2027 mendatang, suntikan dana otsus bagi Aceh akan berakhir. Anies menilai otsus tersebut menjadi salah satu opsi yang penting untuk menuntaskan pembangunan di daerah Serambi Mekkah itu.

“Kita lihat dalam kenyataannya dana Otsus itu belum optimal pemanfaatannya, jadi bila itu dibutuhkan kita akan melakukan perpanjangan. Tapi, akan ada pengalokasian yang lebih diatur, supaya betul-betul terasa dampaknya,” ujarnya.


Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...