Rocky Gerung Sebut Gibran Bakal Jadi MenkoPolhukam Jika Mahfud Mundur

Nur Hana Putri Nabila
28 Januari 2024, 10:33
Rocky Gerung, Mahfud MD, Gibran, mahfud mundur dari menteri, mahfud mundur dari menkopolhukam, gibran gantikan mahfud md
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/YU
Pengamat politik Rocky Gerung
Button AI Summarize

Pengamat Politik Rocky Gerung turut berkomentar perihal isu Mahfud MD akan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam. Menurutnya, Gibran Rakabuming Raka berpeluang menggantikan Mahfud.

Menurut Rocky, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera menunjuk anaknya, yakni Gibran Rakabuming Raka yang akan menduduki kursi menkopolhukam. Hal itu karena ada masalah ketidakpastian politik yang kini tengah berlangsung.

 “Saya mengucapkan itu dengan asumsi ada kekacauan institusi. Jadi, apa aja bisa terjadi,” kata Rocky Gerung kepada wartawan ketika ditemui di Menara Kuningan, Jakarta pada Sabtu, (27/1).

Dalam kanal YouTube-nya, Rocky Gerung mengklaim bahwa pengunduran diri Mahfud MD akan diikuti oleh menteri-menteri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia bahkan membuat prediksi bahwa dalam dua hari ke depan, semua menteri dari PDIP akan mengundurkan diri dari kabinet Jokowi.

Sebelumnya, Mahfud MD mengumumkan rencananya untuk segera mengundurkan diri dari kabinet Presiden Joko Widodo. Hal itu sesuai dengan imbauan dari pasangannya dalam Pilpres 2024, Ganjar Pranowo. 

Mahfud MD menjelaskan alasan dia belum mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menko Polhukam. Pertama, menurut peraturan, tindakan tersebut tidak dilarang. Kedua, ia ingin memberikan contoh bahwa meskipun Mahfud MD menjadi calon wakil presiden, dirinya tidak memanfaatkan kedudukannya untuk kepentingan pribadi, termasuk fasilitas negara.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...