Ganjar Heran Jokowi Rajin Blusukan di Jawa Tengah Jelang Pilpres

Ade Rosman
29 Januari 2024, 11:38
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyapa nelayan di Pantai Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (16/1/2024). Ganjar Pranowo mendengarkan keluh kesah nelayan di antaranya mahalnya bahan bakar minyak serta sulitnya menjual ikan hasil nelaya
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nym.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyapa nelayan di Pantai Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (16/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku heran ketua umum partai politik hingga Presiden Joko Widodo sering berkunjung ke Jawa Tengah jelang Pemilihan Presiden 2024. Pasalnya, dari sisi politik Jawa Tengah merupakan kandang banteng atau basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Menurut Ganjar kunjungan presiden dan para tokoh boleh jadi berkaitan dengan pemilihan presiden. Meski begitu ia mengaku tidak khawatir . Ganjar mengatakan ia bersama partai pengusung memiliki strategi untuk mempertahankan suara di Jateng sebagaimana yang diraih pada Pilpres 2019. 

“Jateng adalah Kandang Banteng, maka banyak yang akhirnya mungkin harus membuat cara-cara tersendiri. Makanya, yang lain kok banyak yang seneng dateng ke Jawa Tengah ya,” kata Ganjar seperti dikutip Senin (29/1).

Di sisi lain usai menghadiri acara Hajatan Rakyat Yogyakarta di Kulon Progo, Yogyakarta, Minggu (28/1) Ganjar mengatakan, Jawa Tengah merupakan daerah yang memikat untuk diambil suaranya. Atas dasar hal itulah banyak mata politikus tingkat nasional tertuju ke Jawa Tengah. 

“Jateng itu 'seksi' untuk diambil suaranya karena ini 'kandang banteng' dan cukup kokoh. Maka, pasti orang ingin ngambil banteng-bantengnya,” kata Ganjar.

Lebih jauh, Ganjar mengatakan di tingkat legislatif PDIP telah menggerakkan basis-basis untuk meraup lebih banyak suara di Jawa Tengah. Sedangkan, di tingkat eksekutif Ganjar mengaku pihaknya cenderung hati-hati dan menahan diri agar tak melanggar aturan kampanye Pemilu 2024. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...