Proyek BSI Tower Disetop Setelah Bikin Retak Gedung Kementerian ESDM

Image title
Oleh Antara
31 Januari 2024, 11:37
Gedung Kementerian ESDM
Website Kementerian ESDM
Gedung Kementerian ESDM
Button AI Summarize

PT PP (Persero) Tbk memberhentikan sementara pekerjaan pembangunan proyek Menara BSI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Proyek dihentikan sementara setelah mengakibatkan adanya retakan dan penurunan pada Gedung Kementerian ESDM.

Saat ini, proyek BSI tower baru mencapai tahap awal yaitu pondasi dan basement gedung. Perseroan juga melakukan evaluasi dan pendampingan oleh Kementerian PUPR.

“Kami saat ini tengah mengevaluasi bersama ahli geoteknik dan didampingi oleh PUPR dalam mengantisipasi settlement ini agar terkendali ke dedepannya," kata Sekretaris Perusahaan PT PP (Persero) Bakhtiyar Efendi di Jakarta, Rabu (31/1).

Hal tersebut disampaikan menanggapi pemberitaan adanya keretakan di Gedung Kementerian ESDM akibat adanya pembangunan proyek BSI Tower.

Bakhtiyar mengatakan, PT PP sebagai pelaksana pekerjaan menyatakan akan melakukan evaluasi, merencanakan langkah mitigasi sesuai standar dan prosedur, dan tetap memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kesehatan kerja.

Pembangunan Gedung Kantor BSI dimulai dengan ditandai groundreaking pada 9 November 2023. PT PP (Persero) Tbk telah ditunjuk sebagai kontraktor pemenang tender Gedung BSI dengan skema BOT (Build, Operate & Transfer) selama 30 Tahun.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...