Hasil Debat Capres Terakhir Anies, Prabowo, Ganjar: Skor Siapa Unggul?

Ira Guslina Sufa
6 Februari 2024, 09:12
Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kanan) d
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.
Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto usai debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Debat kali ini bertemakan kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenaga
Button AI Summarize

Penampilan ketiga calon presiden dalam debat kelima yang berlangsung Minggu (4/2) malam menarik perhatian publik. Terlebih lantaran debat yang berdurasi 120 menit itu menjadi debat terakhir ketiga kandidat calon presiden jelang pemilihan presiden yang digelar 14 Februaria 2024 mendatang. 

Debat terakhir di putaran pilpres itu dinilai menjadi kesempatan pamungkas dari para capres untuk tampil berhadapan dengan lawan. Setelah debat Komisi Pemilihan Umum masih membuka urang untuk Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo untuk memaparkan visi dan misi melalui kampanye terbuka yang akan berlangsung hingga Sabtu (10/2). Setelah itu para capres tidak boleh melakukan kampanye karena sudah memasuki masa tenang. Adapun tiga pasangan yang bertarung di pilpres adalah Anies - Muhaimin Iskandar, Prabowo - Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar - Mahfud MD.

Pakar Politik Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia Vishnu Juwono menyatakan debat pamungkas antarcapres memperlihatkan para kandidat saling menahan diri untuk tidak menyerang. Ia mengatakan Anies terlihat menahan diri untuk melakukan serangan langsung terhadap capres lainnya terutama Prabowo.

“Serangan yang dilakukan lebih bersifat implisit dan cenderung ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, terutama terkait program Bantuan Sosial," kata Vishnu seperti dikutip Selasa (6/2). 

Tak hanya Anies, Prabowo menurut dia juga terlihat menahan diri. Prabowo dinilai berhasil mengendalikan emosi serta cenderung merangkul dengan menyetujui usulan program atau pendapat dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

“Prabowo ingin menampilkan sisi rekonsiliasi dengan tidak melakukan serangan langsung, bahkan ia meminta maaf kepada kedua capres jika ada kesalahan yang dia buat, saat menyampaikan pernyataan tertutup," tutur Vishnu.

Ganjar Pranowo, katanya, juga berhati-hati untuk tidak melakukan serangan pribadi terhadap Prabowo. Meski Ganjar mencoba menyerang Prabowo terkait kebijakan makan gratis yang dianggapnya tidak tepat sasaran dan tidak menyelesaikan masalah stunting namun serangan tidak dibuat dengan keras.

"Tanya jawab antara Prabowo dan Ganjar serta sebaliknya, tidak sepanas ketika Anies dan Ganjar memberi nilai rendah terhadap kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dalam debat capres kedua," kata Vishnu.

Dalam upaya menarik perhatian kelompok pemilih tertentu, masing-masing capres dinilai mencoba menyampaikan pesan yang relevan. Anies Baswedan berfokus pada isu pendidikan dan berusaha mendapatkan dukungan dari kelompok guru dengan menyuarakan keprihatinan terhadap puluhan ribu guru yang masih berstatus honorer dan 1,6 juta guru yang belum tersertifikasi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...