Jokowi Resmikan Dua Tol Di Sumut, Tak Didampingi Menteri Basuki

Ameidyo Daud Nasution
7 Februari 2024, 15:06
jokowi, basuki hadimuljono, tol
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan dua ruas tol di Sumatera Utara, Rabu (7/2). Foto:Youtube/Sekretariat Presiden.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan dua ruas jalan tol di Sumatera Utara. Kedua tol itu adalah Ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi Tebing Tinggi - Indrapura dan Jalan Tol Ruas Indrapura – Kisaran Seksi Indrapura - Limapuluh.

Jokowi menjelaskan Jalan Tol Tebingtinggi-Indrapura dengan panjang ruas 20,4 kilometer (KM) menelan biaya Rp 3,06 triliun. Sementara Jalan Tol Seksi Indrapura-Limapuluh sepanjang 15,6 KM dengan biaya pembangunan Rp 1,67 triliun.

Dia berharap dua ruas jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas ke kawasan pariwisata di Danau Toba. Selain itu Presiden berharap tol meningkatkan kecepatan logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung hingga dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Tak hanya itu, Jokowi berharap tol tersebut bisa mempercepat waktu tempuh dari Medang menuju Kisaran dan Provinsi Riau. "Sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya," ujar kata Jokowi saat meresmikan tol tersebut seperti disiarkan dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (7/2).

Dalam peresmian, tak terlihat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Jokowi terlihat didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Presiden Jokowi meresmikan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor
Presiden Jokowi meresmikan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.)

Kementerian PUPR mengatakan Basuki hingga saat ini masih berada di Tunisia guna menghadiri 5th Mediterranean Water Forum. Ia dijadwalkan baru kembali ke Jakarta jelang akhir pekan.

"Jumat (9/2) kembali ke Jakarta," kata Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja kepada Katadata.co.id, Rabu (7/2).

Jokowi hari ini juga bersilaturahmi dengan peserta Mekaar Binaan Permodalan Nasianal Madani (PNM) di Lapangan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara. Agenda tersebut melibatkan sekira 4.500 pedagang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Presiden juga bertemu 2.000 masyarakat penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Rumah Sakit Umum Daerah Kumpulan Pane, Tebing Tinggi sekira pukul 13.00.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...