Golkar Optimistis Raih 14 Kursi DPRD DKI Jakarta pada Pemilu 2024

Safrezi Fitra
9 Februari 2024, 09:36
Golkar, target perolehan kursi golkar, Golkar Optimistis Raih 14 Kursi DPRD DKI Jakarta pada Pemilu 2024
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Button AI Summarize

Partai Golkar optimistis dapat meraih 14 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Partai Ini harus bekerja keras meningkatkan perolehan suara dalam Pemilu 2024 untuk mengejar target tersebut.

"Kami diberikan target 14 kursi DPRD dan tiga kursi DPR RI. Ini dari DPP Partai Golkar," kata Ketua DPD Partai Golkar DKI Ahmed Zaki Iskandar seperti dikutip Antara, Jumat (9/12).

Dari 38 provinsi Indonesia, DKI Jakarta merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak ke-6 dalam Pemilu 2024. Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah diresmikan Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada sekitar 8,3 juta orang pemilih di Ibu Kota, porsinya sekitar 4 persen dari total pemilih nasional.

Pada pemilu 2019, Golkar tidak termasuk dalam lima partai dengan perolehan suara terbesar di DKI Jakarta. Golkar hanya mendapatkan 6 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Perolehan kursi Golkar pada Pemilu 2019 berada pada urutan ke-8 setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai NasDem.

Dengan begitu, target perolehan suara Golkar di DKI Jakarta pada Pemilu 2024 meningkat lebih dari dua kali lipat perolehan suara pada pemilu sebelumnya.

Meskipun target itu tergolong tinggi, Zaki ini masih optimistis bisa bersaing jumlah suara dengan partai lainnya. "Kalau dilihat dari perkembangan para caleg Golkar, kami optimis bisa memenuhi target tersebut," ujarnya.

Menyoroti potensi perolehan kursi di setiap wilayah daerah pemilihan (dapil), dia menyatakan sejumlah kader partainya memiliki potensi besar untuk meraih dua kursi di beberapa dapil.

Dengan demikian, Golkar DKI Jakarta yakin bisa meningkatkan peran serta politik dalam kegiatan menjelang Pemilu 2024.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...