Link dan Cara Cek DPT Online 2024, Mudah dan Praktis

Nadhira Shafa
12 Februari 2024, 09:30
Warga mencari namanya pada papan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Balai Desa Muntung, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (4/7/2023). Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/rwa.
Warga mencari namanya pada papan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Balai Desa Muntung, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (4/7/2023). Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih, terdiri dari jumlah pemilih laki-laki sebanyak 102.218.503 orang, dan pemilih perempuan sebanyak 102.588.719 orang.
Button AI Summarize

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tinggal beberapa hari lagi. Bagi Anda yang ingin menggunakan hak pilih, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai pemilih tetap (DPT).

DPT adalah daftar pemilih yang datanya telah dimutakhirkan dan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). DPT berisi data pemilih yang memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024.

Untuk mengetahui apakah Anda sudah masuk dalam DPT, Anda bisa melakukan pengecekan secara online melalui laman resmi KPU. Berikut adalah link dan cara cek DPT online 2024:

Link untuk Cek DPT Online 2024

Mengecek DPT (Daftar Pemilih Tetap) untuk Pemilu 2024 semakin mudah dan praktis. Anda bisa melakukannya kapanpun dan di manapun, dengan berbagai perangkat, mulai dari komputer hingga gawai yang terhubung internet.

Bagi Anda yang ingin mengecek DPT online 2024, Anda bisa mengetik 'cek DPT online' di kolom mesin pencarian. Setelah dilakukan pencarian maka akan muncul situs resmi KPU. Untuk lebih memudahkan, berikut ini link-nya:

Link Cek DPT Online 2024

Cara Cek DPT Online 2024

Pengecekan DPT online ini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis melalui beberapa langkah berikut:

1. Kunjungi situs resmi KPU:

  • Buka situs https://cekdptonline.kpu.go.id/
  • Atau, Anda dapat mengaksesnya di sini

2. Masukkan data diri:

  • Pada kolom yang tersedia, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda.
  • Bagi pemilih luar negeri, masukkan nomor paspor.
  • Pastikan Anda memasukkan data dengan benar.

3. Klik "Pencarian":

  • Setelah memasukkan data diri, klik tombol "Pencarian".
  • Sistem akan memproses data Anda dan menampilkan hasilnya.

4. Lihat hasil pencarian:

  • Jika Anda terdaftar sebagai pemilih, maka akan muncul informasi lengkap seperti nama, alamat, nomor DPT, dan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).
  • Jika Anda tidak terdaftar, maka akan muncul keterangan "Data Tidak Ditemukan

Jika Belum Terdaftar DPT Online, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Anda belum terdaftar pada DPT Pemilu 2024, bisa mendatangi kantor KPU terdekat untuk mengonfirmasi nama dan status DPT terbaru. Namun, Anda tetap masih bisa melakukan pencoblosan meski sampai pada hari H pencoblosan nama Anda belum terdaftar pada DPT,

Pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) nantinya akan masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Untuk mencoblos Anda cukup membawa e-KTP ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dengan melakukan cek DPT online 2024, Anda bisa memastikan bahwa Anda sudah siap untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Jangan lupa untuk datang ke TPS pada 14 Februari 2024 dan gunakan hak pilih Anda dengan bijak.

Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...