Terganjal Keamanan, Pemungutan Suara Susulan di Papua Belum Dilakukan

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Februari 2024, 18:06
papua, pemungutan suara susulan, bawaslu
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/rwa.
Petugas pengawas pemilu tertidur (kanan) saat perhitungan suara masih berlangsung di TPS 24 Kelurahan Malawei Distrik Sorong Manoi Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (15/2/2024).
Button AI Summarize

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih belum memberikan kepastian soal pelaksanaan pemungutan suara susulan di wilayah Papua seperti Paniai, Puncak Jaya serta Jayawijaya. Mereka masih berupaya untuk menjamin pengawasan di sejumlah lokasi tersebut. 

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan bahwa tiga wilayah tersebut kini tengah menghadapi masalah keamanan. Makanya pelaksanaan pemungutan suara tak dilakukan pada Rabu (14/2).

“Kalau daerah Puncak, lebih rawan lagi dari Paniai. Kejadiannya sudah ada korban luka. Semoga tidak ada korban jiwa untuk Puncak,” kata Bagja dalam Konferensi Pers yang disiarkan oleh kanal Youtube Bawaslu RI pada Kamis (15/2).

Komisi Pemilihan Umum (KPU)  menetapkan 92 TPS di Paniai dan 456 TPS di Puncak Jaya untuk melaksanakan pemilu susulan segera. Pihak Bawaslu telah berkomunikasi dengan aparat kemanan TNI agar menjamin keselamatan para panitia pengawas pemilu (Panwaslu) distrik dan TPS.

Sampai saat ini, Bawaslu pusat masih berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk membahas kepastian waktu pemilu susulan di Paniai dan Puncak Jaya. “Kami berharap kita bisa melaksanakan pemilu ini. Walaupun tertunda, pemilihan bisa terlaksana dalam beberapa hari ke depan,” ujar Bagja.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...