Top News: Prabowo akan Pangkas Subsidi BBM, Besaran Gaji Komeng di DPD

Aryo Widhy Wicaksono
17 Februari 2024, 05:40
Ketua Umum Parta Gerindra Prabowo Subianto usai perayaan HUT ke-16 partai mereka di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (6/2/2024).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua Umum Parta Gerindra Prabowo Subianto usai perayaan HUT ke-16 partai mereka di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (6/2/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden (capres) Prabowo Subianto berencana memangkas subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mendanai program makan siang gratis bagi anak-anak dan ibu hamil.

Program ini menjadi program unggulan Prabowo, saat berkampanye. Untuk itu, tim Prabowo mempertimbangkan akan menyesuaikan subsidi energi selama dua hingga tiga bulan setelah Prabowo resmi menjabat sebagai presiden.

Pengalihan subsisi BBM untuk mendukung makan siang gratis merupakan salah satu artikel Top News, dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain itu, ketahui juga berapa besaran gaji komedian ALfiansyah Bustami alias Komeng, serta 10 partai politik yang berpotensi tidak masuk parlemen.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Prabowo Akan Pangkas Subsidi BBM untuk Danai Makan Siang Gratis

Prabowo Subianto berencana memangkas subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mendanai program makan siang gratis bagi anak-anak dan ibu hamil. Program ini merupakan janji kampanye Prabowo dalam proposal kebijakan pertamanya.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Eddy Soeparno menyampaikan, bahwa pemerintahan Prabowo mempertimbangkan untuk menyesuaikan subsidi energi untuk dua hingga tiga bulan ke depan setelah Prabowo mulai menjabat sebagai presiden pada Oktober 2024 mendatang.

Edy menyebut, sekitar 80% dari Rp 350 triliun atau sekitar Rp 280 triliun anggaran yang dikeluarkan pemerintah, digunakan untuk subsidi solar dan LPG 3 kg. Namun dari subsidi tersebut, ada yang tidak tepat sasaran karena mengalir ke masyarakat kelas menengah hingga atas.

"Jadi, kami akan menyesuaikan subsidi energi dengan jumlah subsidi yang ada. Tapi mungkin ini tidak akan terjadi dengan sangat cepat," kata Edy dalam interview dengan Bloomberg TV dikutip Jumat (16/2).

2. Prabowo Akan Potong Subsidi BBM Demi Makan Siang Gratis, Ini Dampaknya

Sejumlah ekonom memperkirakan, rencana Prabowo Subianto untuk memangkas Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mendanai program makan siang gratis diperkirakan akan memicu inflasi dan menaikkan angka kemiskinan di Indonesia.

Ekonom Center of Economics and Law Studies (Celios) Nailul Huda bahkan menilai, rencana Prabowo untuk memangkas subsidi BBM tersebut akan berdampak negatif. Salah dampaknya, laju inflasi akan naik.

“Akibatnya, inflasi tinggi, masyarakat tidak bisa konsumsi barang lagi. Akhirnya mereduksi konsumsi rumah tangga,” ujar Nailul kepada Katadata.co.id, Jumat (16/2).

Tak berbeda, Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad juga menyebut rencana pemangkasan subsidi ini akan memicu inflasi karena harga BBM makin mahal.

3. Besaran Gaji DPD Jabar, Komeng Akan Dapat Segini Jika Lolos ke Senayan

Komedian Alfiansyah Bustami atau yang lebih dikenal dengan nama Komeng menjadi salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat yang menarik perhatian publik.

Pasalnya, Komeng menggunakan foto nyeleneh di surat suara yang menampilkan dirinya sedang memiringkan kepala dengan mata melotot.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...