Jokowi Usai Bertemu Surya Paloh: Saya Ingin Jadi Jembatan untuk Semua

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Februari 2024, 10:35
jokowi, surya paloh, nasdem
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Wakil Presiden Maruf Amin (tengah) berjalan bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) saat menghadiri penutupan Kongres II Partai Nasdem dan HUT ke-8 Partai Nasdem di Jakarta International Teathre, Jakarta, Senin (11/11/2019).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (18/2). Jokowi mengatakan persamuhannya dengan Surya membahas persoalan politik nasional terkini. 

"Pertemuan politik biasa, bicara masalah politik juga biasa," kata Jokowi usai meresmikan proyek Rumas Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Jendela Sudirman di Bintaro, Jakarta Selatan pada Senin (19/2). 

Dia mengatakan pertemuan dirinya dengan Surya Paloh merupakan kegiatan awal dan akan berlanjut pada kegiatan serupa ke depannya. "Ini baru awal, nanti kalau sudah final," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan dirinya berkeinginan untuk menjadi jembatan untuk semua urusan perpolitikan nasional saat ini.  "Saya ingin menjadi jembatan untuk semuanya. Yang paling penting kan partai-partai, urusan politik itu urusan partai," ujar Jokowi. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta masyarakat untuk tidak ambil pusing terkait kedatangan Surya Paloh ke Istana Merdeka.  Jokowi mengatakan pertemuan dirinya dengan Surya Paloh merupakan hasil kesepakatan dua belah pihak.

"Tidak perlu siapa yang undang dan siapa yang diundang, enggak perlu. Yang penting memang ada pertemuan," kata Jokowi. 

Kampaye Akbar NasDem di Aceh
Kampaye Akbar NasDem di Aceh (ANTARA FOTO/Rahmad/YU)

Dia mengatakan adanya pertemuan antar figur politik merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi perpolitikan negara. "Bagi negara, saya kira yang itu paling penting," ujarnya. 

Pertemuan Surya Paloh dan Jokowi merupakan yang pertama berlangsung setelah pemilu digelar pada Rabu (14/2). Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim menjelaskan pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi untuk memenuhi undangan makan malam.

Hermawi mengatakan kehadiran Surya Paloh ke Istana adalah sebatas memenuhi undangan. Ia menepis kabar yang beredar bahwa pertemuan itu berlangsung atas permintaan Surya Paloh


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...